Beda – Beda Reaksi Parpol Kala Muncul Partai Mahasiswa

Begini reaksi parpol usai kemuculan Partai Mahasiswa di daftar partai yang punya badan hukum resmi di Kemenkumham!

Beda – Beda Reaksi Parpol Kala Muncul Partai Mahasiswa
Beda – Beda Reaksi Parpol Kala Muncul Partai Mahasiswa. Gambar: JIBI - Bisnis/ Dok. Indra Gunawan

BaperaNews - Partai Mahasiswa kini baru muncul di daftar partai yang punya badan hukum resmi di Kemenkumham, sejumlah partai lain pun menanggapi kehadirannya dengan sikap yang beda-beda. Ketum Partai Mahasiswa Indonesia ialah Eko Pratama, ia ketua BEM Nusantara dimana BEM Nusantara ada dua, Kubu Eko dan kubu Dimas Prayoga.

BEM Nusantara dari kubu Eko dan BEM lain sebelumnya pernah bertemu Wiranto pada tanggal 8 April 2022 dan kemudian memutuskan untuk tidak ikut turun ke jalan dan tikda ikut demo 11 April.

Berikut ini sejumlah tanggapan sikap dari parpol lain terkait kehadiran partai mahasiswa ini.

  1.       Gerindra

Gerindra menyatakan menghormati kehadiran partai Mahasiswa, menyebut siapapun bolej membuat partai politik sesuai dengan UU. “Kita hormati konstitusi mereka untuk berorganisasi, siapa saja berhak untuk membuat partai sesuai aturan UU yang berlaku” ujar jubir Gerindra, Habiburokhman hari Sabtu 23 April 2022.

  1.       PKB

Tanggapan berbeda datang dari PKB, PKB menyebut kehadiran partai Mahasiswa ditunggu untuk membawa perubahan dan juga mengingatkan sulitnya membangun partai. “Wah kejutan ya, selamat untuk partai Mahasiswa semoga lancar sampai akhir dan kita tunggu terobosan yang khas khususnya untuk jadi kekuatan perubahan” ujar Ketua DPD PKB, Daniel Johan hari Jumat 22 April 2022.

Baca Juga: 21 Warga Pingsan, Polda Sumut Selidiki Kebocoran Gas Beracun PT SMGP

“Bangun partai beratnya luar biasa, jadi partai sejauh ini sudah bagus, bisa lolos verifikasi nanti jadi tantangan lagi tapi minimal mahasiswa punya pengalaman bisa melewati proses tersebut” imbuhnya.

  1.       PPP

PPP menyebut sejarah partai anak muda tidak lolos PT. “Kami ucapkan selamat datang kepada partai Mahasiswa di dunia politik, karena sudah punya badan hukum tentu sudah sesuai dengan prosedur hukum di Indonesia, kita tunggu kiprahnya. Kita lihat apa nanti mengikuti tahapan verifikasi KPU dan sejarah membuktikan banyak partai dibuat anak muda waktu itu tapi hasilnya di pemilu tidak sesuai ekspektasi artinya tidak lolos PT”  ujar Ketua DPP PPP, Ahmad Baidowi Jumat 22 April 2022.

  1.       PDIP

PDIP menyinggung adanya sponsor tajir. “Membuat partai butuh biaya besar, biasanya ada sponsor tajir yang terlibat dan pada waktunya akan terang benderang, kita sambut gembira datangnya partai baru termasuk partai yang dipelopori aktivis mahasiswa ini” ujar Elite senior PDIP, Hendrawan Supratikno pada hari Sabtu 23 April 2022.

Baca Juga: Daftar Ponsel Incaran Harga Rp 2 Jutaan Saat THR Cair