Ayah Mirna Salihin Keceplosan Sebut Tito Karnavian Terlibat dalam Kasus Kopi Sianida

Edi Darmawan Salihin, ayah mendiang Mirna Salihin, menyebut Tito Karnavian terlibat dalam kasus pembunuhan kopi sianida yang melibatkan Jessica Wongso.

Ayah Mirna Salihin Keceplosan Sebut Tito Karnavian Terlibat dalam Kasus Kopi Sianida
Ayah Mirna Salihin Keceplosan Sebut Tito Karnavian Terlibat dalam Kasus Kopi Sianida. Gambar : Screenshot/Youtube/Karni Ilyas Club

BaperaNews - Ayah kandung mendiang Wayan Mirna Salihin, Edi Darmawan Salihin, akhirnya angkat bicara setelah tayangan kontroversial di Netflix mengenai kasus kopi sianida yang melibatkan Jessica Wongso. 

Netflix baru-baru ini merilis sebuah film dokumenter berjudul 'Ice Cold: Murder, Ice Coffee and Jessica Wongso', yang mempertanyakan kembali kasus pembunuhan Mirna Salihin.

Dalam film tersebut, Edi Darmawan terlihat sangat arogan ketika menjawab berbagai pertanyaan seputar kematian Mirna. Namun, Edi pun memberikan klarifikasi terkait hal tersebut yang telah menjadi sorotan publik.

Dalam wawancara eksklusif dengan Karni Ilyas di tvOne pada Jumat, 6 Oktober 2023, Edi Darmawan menyebut dirinya tertipu oleh Netflix dan sutradara film dokumenter tersebut, Rob Sixsmith. 

Ia bahkan meminta masyarakat Indonesia untuk tidak terkecoh dengan isi film dokumenter itu,

"Jadi gini, Netflix itu, saya ketipu sama dia. Jadi Netflix itu adalah orang Singapura yang punya, namanya Jessica Wong. Syuting kita directornya maupun sutradaranya itu namanya Rob Sixsmith. Saya nggak dapat apa-apa dari dia, cuma dia minta tolong untuk saya menjawab, dan saya jawab tapi kenyataannya apa? Yang dia tayangkan itu nggak sesuai dengan kenyataan yang ada." ungkap Edi ketika diwawancarai eksklusif oleh Karni Ilyas.

Menurut Edi, isi film dokumenter tersebut tidak sesuai dengan kenyataan yang ada, dan hal ini telah menimbulkan berbagai opini baru di mata publik. Ia bahkan menyebut film tersebut sebagai 'sampah' dan mengingatkan masyarakat agar tidak terkecoh oleh Netflix.

Edi Darmawan mengungkapkan bahwa anak kembar Mirna, Sandy, yang berada di Jerman, juga merasa terkejut dengan isi film tersebut. 

Baca Juga : Viral! Jessica Wongso Mengaku Dipaksa Krishna Murti Akui Bunuh Mirna Salihin

Ayah Mirna Tampilkan CCTV Eksklusif yang Membuktikan Kesalahan Jessica

Kontroversi ini muncul setelah tayangan Netflix mengenai kasus pembunuhan Mirna Salihin kembali memanas di dunia maya.

Edi Darmawan mengklaim bahwa dirinya memiliki rekaman CCTV yang memperlihatkan Jessica Wongso menuangkan sianida ke dalam es kopi Vietnam yang kemudian diminum oleh sahabatnya, Mirna Salihin. Rekaman CCTV ini ditampilkan oleh Edi dalam wawancara eksklusifnya dengan Karni Ilyas di tvOne.

Rekaman CCTV yang diakui oleh Edi Darmawan tersebut diklaimnya telah disaksikan langsung oleh Irjen Pol Krishna Murti, Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya saat itu, dan Tito Karnavian yang pada saat itu menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya.

Meskipun rekaman tersebut hanya menunjukkan gerakan tangan Jessica yang kabur saat menuangkan sesuatu ke dalam es kopi Vietnam, Edi yakin bahwa ini adalah bukti yang kuat. 

"Nah ini (rekaman CCTV diputar). Ini polisi sampai teriak-teriak kesenangan nih. Ulang ya, perhatikan tangan kiri dia, ini belum pernah dikeluarkan, (di video nampak tangan Jessica seperti menaruh sianida ke dalam es kopi Vietnam milik Mirna)." Ungkap Edi.

Dalam rekaman tersebut, terlihat tangan kiri Jessica bergerak seperti menaruh atau menuangkan sesuatu ke tempat lain. Menurut Edi, sesuatu yang dimaksud dalam rekaman itu adalah racun sianida.

Ia juga mengungkapkan bahwa Jessica Wongso menggunakan sedotan untuk memasukkan sianida ke dalam es kopi Vietnam, sesuai dengan teori yang pernah diutarakan oleh dokter Theodore.

Kasus Kopi Sianida ini cukup jadi perhatian usai Netflix mengangkat kembali kasus ini, opini baru soal kematian Mirna mulai bermunculan dari berbagai sudut pandang. 

Namun, ada satu pertanyaan yang masih mengganjal banyak orang. Mengapa rekaman CCTV tersebut tidak diperlihatkan dalam persidangan pada tahun 2016 silam? Edi Darmawan menjelaskan bahwa ia tidak ingin Jessica Wongso dihukum mati karena rekaman CCTV tersebut. Ia lebih memilih agar Jessica Wongso mendapatkan hukuman penjara seumur hidup. 

@baperanews.com ⚠️WARNING SENSITIVE CONTENT⚠️‼️ Ayah kandung mendiang Wayan Mirna Salihin, Edi Darmawan Salihin, akhirnya angkat bicara setelah tayangan kontroversial di Netflix mengenai kasus kopi sianida yang melibatkan Jessica Wongso #ayahmirna #kasussianida #baperanews ♬ Loh Eh Eh Kocak - Ari Rubiyanto

Baca Juga : Netflix Buat Dokumenter Kasus Kopi Sianida Mirna dan Jessica Wongso, Tayang September 2023