500 Ribu PNS Diperkirakan Akan Pindah ke Ibu Kota Baru Mulai 2022

Pemerintah menargetkan sebanyak 500 ribu PNS termasuk TNI dan Polri akan pindah ke area Ibu Kota Baru di Kalimantan mulai 2022. Berikut Informasi Lengkapnya!

500 Ribu PNS  Diperkirakan Akan Pindah ke Ibu Kota Baru Mulai 2022
Ilustrasi PNS atau ASN. Gambar : Freepik.com/ Dok. Jcomp

BaperaNews - Pemerintah menargetkan 500 ribu PNS dari berbagai Kementerian dan Lembaga akan pindah ke area Ibu Kota Baru di Kalimantan Timur mulai pembangunan awal yakni 2022 – 2024. Perpindahan itu diiringi dengan pembangunan bangunan utama seperti gedung istana kepresidenan, gedung DPR dan MPR, juga perumahan.

“Pembangunan dan pengoperasian infrastruktur dasar untuk 500 ribu penduduk tahap awal akan dilakukan” tulis situs resmi IKN (Ibu Kota Baru) Selasa 18 Januari 2022. Presiden Jokowi juga memiliki rencana akan merayakan HUT RI ke 79 di ibu kota baru yakni 17 Agustus 2024 mendatang.

Tahap pembangunan berikutnya setelah tahap 1 selesai adalah dase kota seperti pusat ekonomi dan inovasi, serta menyelesaikan segala teknis dan pemindahan semua lembaga dan kementrian pusat pemerintahan ke ibu kota baru yang targetnya selesai pada 2025 – 2035.

Perkembangan sektor ekonomi utama, penerapan system untuk ekonomi prioritas, dan mencapai pembangunan yang berkelanjutan akan dilakukan pada masa tersebut sehingga daerah tersebut bisa menjadi wilayah yang lebih baik dan maju dalam segala hal.

Tidak hanya PNS yang akan dipindah, personel TNI sampai Polri juga akan pindah ke ibu kota baru pada tahun 2022 ini sd tahun 2024 dan jumlah serta prosesnya disesuaikan dengan kebutuhan pemerintahan yang nantinya akan dijalankan bertahap di ibu kota baru.

Tjahjo Kumolo, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara & Reformasi Birokrasi menjelaskan pada Juni 2021 lalu sebagian PNS di kementerian dan lembaga pusat akan dipindah bertahap ke ibu kota baru pada tahun 2023. Namun akhirnya diputuskan mulai tahun 2022 ini agar pada tahun 2024, ibu kota baru sudah bisa menjalankan struktur pemerintahan dengan lancar.

“Kami targetnya pada akhir tahun 2023 sebagian PNS dari kementerian, instansi, dan lembaga pusat sudah pindah ke ibu kota baru, kami sudah siapkan peta jalan untuk pelaksanaannya, namun masih menunggu kepastian perpindahan ibu kota” jelas Tjahjo.

“Kami juga ingin 17 Agustus 2024 bisa memperingati dan menjalankan upacara kemerdekaan di ibu kota baru bersama segenap pejabat PNS kementerian, instansi, dan lembaga pusat lainnya, hal ini juga disampaikan oleh Pak Jokowi, semoga semuanya lancar dan bisa tercapai target tepat waktu” kata Tjahjo.

Baca Juga: Ibukota "Nusantara", Kepala Bappenas Suharso Monoarfa Resmikan Nama Ibukota Baru Indonesia