Xiaomi Umumkan Bakal Produksi Mobil Listrik di 2024

Xiaomi mengumumkan bahwa dia akan memproduksi mobil listrik di tahun 2024. Hal tersebut diumumkan oleh seorang eksekutif senior perusahaan melalui situs media sosial Weibo.

Xiaomi Umumkan Bakal Produksi Mobil Listrik di 2024
Mobil listrik otonom, Gambar : Gizmochina

BaperaNews - Pada semester I di tahun 2024 nanti, Raksasa teknologi China yaitu Xiaomi akan mulai untuk memproduksi mobil listrik. Hal tersebut diumumkan oleh seorang eksekutif senior perusahaan pada Selasa melalui situs media sosial Weibo.

Xiaomi sendiri telah menunjuk divisi khusus dalam produksi kendaraan listriknya, yakni Xiaomi EV Inc. Diketahui, untuk dapat mendirikan perusahaan barunya tersebut, Xiaomi telah menginvestasikan dana sebesar US$1,55 miliar (sekitar Rp22,1 triliun).

Sementara itu, sebanyak US$10 miliar (sekitar Rp142,6 triliun) telah diproyeksikan untuk kebutuhan biaya operasional bisnis dalam 10 tahun kedepan.

Mengutip dari Nikkei Asia, Lei Jun selaku CEO Xiaomi dan juga berperan sebagai pemimpin Xiaomi EV menyampaikan bahwa ia bersedia untuk mempertaruhkan reputasi personalnya dan juga berjuang untuk masa depan kendaraan listrik pintarnya.

Sementara itu, Reuters menyampaikan bahwa XiaoCmi EV telah mempekerjakan sebanyak 300 karyawan dan kedepannya jumlah tersebut akan terus bertambah.

Selain itu, Xiaomi EV juga dikatakan telah menjalin komunikasi ke lebih dari 10 industri dan melakukan lebih dari 2.000 survei terkait pengembangan kendaraannya tersebut.

Xiaomi juga dilaporkan telah berdiskusi dengan pengembang properti China pada bulan lalu, yakni Evergrande Group, untuk dapat membeli bisnis kendaraan listriknya. Akan tetapi, setelah itu tidak ada informasi lanjutan mengenai kesepakatan yang terjadi.

Selain itu, Xiaomi juga mengumumkan bahwa mereka telah mengakuisisi pengembang teknologi otomatisasi DeppMotion. Xiaomi berharap pihaknya dapat menguasai pengembangan otomatisasi level 4 yaitu teknologi kendaraan yang bisa dikemudikan sepenuhnya tanpa sopir dalam kondisi normal.