Xi Jinping Resmi Jadi Presiden China Tiga Periode, Catat Sejarah Baru!

Xi Jinping kembali menjadi Presiden China, kini ia menjabat selama tiga periode. Selama pemerintahannya, ekonomi China memiliki ketahanan tinggi dan punya cukup ruang untuk bermanuver.

Xi Jinping Resmi Jadi Presiden China Tiga Periode, Catat Sejarah Baru!
Xi Jinping kembali menjadi Presiden China selama 3 periode. Gambar : Reuters/Noel Celis

BaperaNews - Xi Jinping kembali terpilih menjadi Presiden China, ia memulai kepemimpinan tiga periodenya. Xi Jinping menyebut selama masa pemerintahannya, ekonomi China memiliki ketahanan tinggi dan punya cukup ruang untuk bermanuver.

Xi Jinping menyebut China membuka pintu lebih luas kepada jurnalis yang memadati ruangan Balai Besar Rakyat Beijing pada Minggu (23/10). Menurut media setempat, Xinhua, pembangunan di China tidak bisa dipisahkan dari dunia dan dunia juga butuh China dalam pembangunan mereka.

Analis sebelumnya menyebut Xi Jinping ialah resiko besar untuk China, pemulihan ekonomi China usai pandemi Covid-19 jadi taruhan besar. Misalnya dalam hal properti yang sedang krisis dan banyaknya pengangguran di China. Daftar masalah ekonomi yang dihadapi masih panjang.

Analis bahkan menyebut China justru makin memburuk ekonominya di bawah kepemimpinan Xi Jinping. Analis memperingatkan Xi Jinping punya sedikit ruang untuk terhindar dari kesalahan. “Saya pikir musuh terbesar dari umur panjang Xi yang memerintah China ialah Xi sendiri” ujar Direktur SOAS China, Steve Tsang.

“Ketika dia membuat kebijakan yang salah akan membuat kekacauan besar dan memulai proses penguraian kekuasaannya” sambungnya.

Baca Juga : China Desak Rusia dan Ukraina Lakukan Perdamaian

Xi Jinping Catat Sejarah

Terlepas dari pendapat para analis China, kepemimpinan tiga periode Xi Jinping ini ialah bentuk pengamanan kekuasaannya, Xi Jinping mencetak sejarah sebagai pemimpin paling kuat sejak Mao Zedong, membuatnya mampu memperkuat Partai Komunisnya.

Partai Komunis China memang memiliki Xi Jinping sebagai Sekjen hingga lima tahun ke depan, “Saya ingin sampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh partai dengan tulus, atas kepercayaan untuk saya” ujarnya usai pemungutan suara.

Xi Jinping janji bekerja tekun dan membuktikan dirinya layak dipercaya sebagai pemimpin, Xi Jinping juga menjadi Kepala Komisi Pusat Militer China. Xi Jinping kini berumur 69 tahun, penunjukannya dilakukan usai Kongres dengan 2.300 delegasi mendukung posisi inti Xi Jinping dalam kepemimpinan.

Kongres tersebut juga menghasilkan pemilihan 200 pejabat senior baru. Xi Jinping terpilih, ia dianggap mampu memimpin kebangkitan China sebagai negara dengan ekonomi paling besar kedua di dunia, posisi gobal lebih agresif, dan ekspansi militer besar.

Xi Jinping kini menyatakan siap menghadapi lima tahun kepemimpinannya di tahun-tahun mendatang, termasuk mengelola ekonomi China yang sedang dililit hutang dan terus maju bersaing dengan Amerika Serikat. Xi Jinping berjanji akan membuat China terus berkembang.

Baca Juga : Hadapi Krisis Baru, Generasi Kaum Rebahan Muncul Di China