Walikota Bandung Oded M Daniel Meninggal Saat Akan Mengisi Khutbah Jumat

Wali Kota Bandung Oded M. Daniel dikabarkan meninggal dunia saat akan mengisi khotbah Jumat di Masjid Mujahidin, Jalan Sancang, Kota Bandung, Jawa Barat, pada Jumat (10/12).

Walikota Bandung Oded M Daniel Meninggal Saat Akan Mengisi Khutbah Jumat
Walikota Bandung Oded M Daniel meninggal dunia saat akan isi khutbah jumat. Gambar : Kabag Humas Setda Kota Bandung

BaperaNews - Wali Kota Bandung Oded M. Daniel meninggal dunia usai dikabarkan terjatuh saat akan mengisi khotbah Jumat di Masjid Mujahidin, Jalan Sancang, Kota Bandung, Jawa Barat, pada Jumat (10/12).

"Telah berpulang ke rahmatullah Bapak Wali Kota Bandung H Oded M Danial hari ini jumat 10 Desember 2021, sedang khutbah Jum'at," kata humas Pemprov Jabar

Staf Humas Pemerintah Kota Bandung, Primanda membenarkan kabar duka tersebut. Sebelumnya Oded terjatuh pada saat mengisi khotbah Jumat di Masjid Mujahidin. Oded yang sedang berjalan menuju mimbar tiba-tiba tidak sadarkan diri dan membuat warga di sekitarnya spontan membantu Oded.

Suami dari Siti Muntamah ini sempat dilarikan ke rumah sakit Muhammadiyah Bandung untuk mendapatkan perawatan.

Iya. Sedang diusahakan direktur (RS) Muhammadiyah jadi juru bicara," ujar Primanda

Belum diketahui secara pasti penyebab meninggal Oded. Namun, pada pertengahan tahun ini, Oded sebelumnya pernah dirawat di rumah sakit sampai kurun waktu lebih dari satu minggu. Ia menjalani perawatan di Rumah Sakit Santosa, Jalan Kebonjati sejak Rabu 21 sampai 29 Juli 2021.

Oded yang lahir pada 15 November 1962 menyelesaikan pendidikan sekolah dasarnya di SD Lengkong dari tahun 1969 sampai 1975. Lalu Oded melanjutkan sekolahnya ke tingkat menengah pertama di ST Negeri 1 Tasikmalaya pada tahun 1975 hingga 1978. Lalu menamatkan sekolahnya di STM Negeri Tasikmalaya dari tahun 1978-1982. Dan melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi di Unpas pada tahun 2014 sampai 2017.

Sebelum fokus dalam dunia politik, Oded sempat bekerja dari tahun 1983 hingga 1999 di Industri Pesawat Terbang Nasional (IPTN) yang kini dikenal sebagai PT Dirgantara Indonesia.

Dalam perjalanan karier politiknya Oded sempat menjabat sebagai Wakil Wali Kota Bandung mendampingi Ridwan Kamil pada periode 2013-2018. Lalu saat Ridwan Kamil maju sebagai calon gubernur Jawa Barat, Oded menggantikan posisi Ridwan Kamil sebagai Wali Kota Bandung.

Lalu ia maju sebagai calon Wali Kota Bandung bersama dengan Yana Mulyana dan menjadi Wali Kota Bandung terpilih. Sebelum menjadi Wakil Wali Kota Bandung Oded juga merupakan Anggota DPRD Bandung untuk periode 2004-2009 sekaligus menjabat sebagai Ketua DPD PKS Kota Bandung.