Waduh! Jamur Bersarang 2,5 Bulan di Telinga Wanita Ini

Seorang wanita bernama Lala, menceritakan kondisi telinganya yang diserang jamur selama lebih dari dua bulan. 

Waduh! Jamur Bersarang 2,5 Bulan di Telinga Wanita Ini
Waduh! Jamur Bersarang 2,5 Bulan di Telinga Wanita Ini. Gambar : Kolase Tangkapan Layar Tiktok/@hinamakulala

BaperaNews - Seorang wanita di Tangerang Selatan, yang dikenal dengan sebutan Lala, mengeluhkan kondisi telinganya yang diserang jamur selama lebih dari dua bulan. 

Masalah ini baru diketahui setelah Lala rutin membersihkan telinganya dengan cotton bud, dan mendapati bahwa kotoran yang dikeluarkan berwarna hitam.

Lala menyatakan dalam video yang viral bahwa ia merasa aneh ketika cotton bud yang digunakan berwarna hitam. "Terus kayak hah kuping gue sekotor itukah sampai warnanya hitam? Terus gue coba korek lagi, keluar lagi warnanya warna hitam," ungkapnya.

Meskipun rutin membersihkan telinga setiap hari, ia tidak percaya bahwa kotoran telinganya bisa sampai berwarna gelap. Setelah beberapa hari, ia merasakan sakit dan kesulitan mendengar di telinganya.

Selain itu, rasa sakit juga menjalar hingga ke bagian rahangnya. Merasa khawatir, Lala memutuskan untuk pergi ke puskesmas, di mana ia kemudian dirujuk ke dokter THT di rumah sakit menggunakan BPJS.

Baca Juga : Viral Wanita Divonis Gagal Ginjal Stadium Akhir, Sebut Gejala Mirip GERD

Di sana, ia mendapat diagnosis jamur kuping. "Gue cek ke dr. THT di RS, di sana gue cuma dicek dan dibilang gue punya jamur kuping. Gue dikasih obat minum sama obat tetes kuping, tapi sudah nggak membaik setelah itu," ceritanya.

Setelah tidak menemukan kemajuan di rumah sakit pertama, Lala mencari perawatan di rumah sakit lain dan menjalani perawatan intensif selama kurang lebih dua bulan. Setiap harinya, dokter mengambil jamur dari telinganya.

Sayangnya, meskipun jamur telah dikeluarkan, kondisi telinga yang lembap dan adanya luka membuat jamur mudah tumbuh kembali. 

"Seminggu disedot, minggu depan itu jamur tumbuh lagi, itu tricky banget literally kayak kuping luka, lembap, jamur gampang banget tumbuh lagi," tuturnya.

Lala menjelaskan bahwa jamur yang ada di telinganya mirip dengan jamur makanan yang sudah busuk. "2,5 bulan panen jamur yang ada di kuping. Bentuknya kayak jamur makanan busuk," tambahnya.

Ia mencurigai bahwa penyebab utama dari pertumbuhan jamur ini adalah luka di telinganya yang tidak ia sadari. Aktivitas berenang yang ia lakukan mungkin menjadi pintu masuk bagi jamur tersebut.

"Mungkin saat berenang itu, celah masuk jamur, karena posisi telinga juga luka," jelas Lala.

Baca Juga : Pria ini Ditangkap Setelah 16 Tahun Membunuh Pacarnya