Viral! Satu Keluarga di Cianjur Terkena Parkinson sampai Ada yang Lumpuh

Video viral mengungkapkan penderitaan keluarga di Cianjur, Jawa Barat, yang menderita penyakit Parkinson. 6 bersaudara, termasuk 2 yang lumpuh total.

Viral! Satu Keluarga di Cianjur Terkena Parkinson sampai Ada yang Lumpuh
Viral! Satu Keluarga di Cianjur Terkena Parkinson sampai Ada yang Lumpuh. Gambar : Dok. Kabar65news

BaperaNews - Viral, video sekeluarga di Cianjur, Jawa Barat terkena penyakit Parkinson. Video dibagikan oleh akun Instagram @ncep_billaindra. Kondisi memilukan itu dialami 6 bersaudara sudah lanjut usia di Kampung Sumedang, Desa Bojongkasih, Kecamatan Kadupandak, Cianjur. 

Dijelaskan dalam keterangan sekeluarga terkena Parkinson terdiri dari 2 laki-laki dan 4 wanita. 2 di antaranya lumpuh total dan 4 lainnya masih bisa berjalan dengan kondisi tubuh bergetar dan kaku.

Penyakit Parkinson adalah penyakit yang menyerang sistem syaraf yang membuat gerakan penderitanya tremor atau bergetar. Tak jarang penderita mengalami gangguan motorik bahkan lumpuh.

Pada video viral sekeluarga terkena Parkinson memperlihatkan seorang pria masuk ke rumah sederhana berdinding kayu. Dengan sopan, pria itu menjelaskan ia dari Ciamis, ingin bersilaturahmi. Ia kemudian berkenalan dengan satu persatu anggota keluarga yang terkena penyakit Parkinson.

Salah satu penderita bernama Mak Rupia menyambut dengan ramah. Mak Rupiah adalah salah satu penderita yang tidak terlalu parah kondisinya. Mak Rupiah menjelaskan umurnya dan kelima saudaranya rata-rata 60 tahun.

Baca Juga : Gegara Penyakit Langka, Ratusan Orang di Peru Lumpuh

Pria di video viral lalu berbincang dengan anggota keluarga berpenyakit Parkinson lain yang lebih parah kondisinya, membuat pria itu menangis. Mak Rupiah pada akhirnya menyampaikan terima kasih lantaran kedatangan pria itu memberi kasih sayang pada keluarganya.

Usai berkunjung, pembuat video menceritakan keenam bersaudara pengidap Parkinson sehari-hari tinggal serumah. Untuk makan keseharian, mereka hanya bisa mengandalkan pemberian dari warga atau pemerintah.

Untuk aktivitas pun hanya bisa semampunya. Tidak ada satu pun dari mereka yang menjadi tulang punggung keluarga. Semuanya telah lanjut usia bahkan tidak sedikit yang lumpuh.

“Bukan berarti mereka malas bekerja ya tapi tidak pekerjaan yang bisa membuat mereka mendapatkan uang. Meski demikian, mereka tidak pernah lupa untuk ibadah dan tetap berusaha beraktifitas,” cerita pembuat video.

Tak sedikit warganet yang mendoakan agar sekeluarga terkena Parkinson di Cianjur tersebut tetap mendapat rezeki, ada juga yang bertanya di mana alamatnya karena ingin memberi bantuan.

“Mereka tetap bisa hidup karena Allah yang rawat mereka”, “Mohon ijin kang kalau mau donasi kemana?”, “Tidak pernah meninggalkan shalat, semua mereka semua dilindungi,” komentar sejumlah warganet.

Sekeluarga pengidap Parkinson tersebut selama ini mendapat bantuan sembako hingga pengobatan gratis. Namun, tetap saja untuk makan sehari-hari mereka hanya mampu andalkan bantuan dari orang sekitar.

Kesehatan adalah rezeki dan nikmat yang luar biasa besar. Yuk, syukuri nikmat sehatmu dan bantu sesama yang membutuhkan bantuan!

View this post on Instagram

A post shared by Bapera News (@baperanews)

Baca Juga : Penyakit Strep A Tewaskan 8 Anak Di UK, Simak Gejala Strep A!