Vatikan Bocorkan Kalimat Terakhir Paus Benediktus XVI Sebelum Meninggal Dunia

Dalam situs resminya, Vatikan menyampaikan kalimat terakhir Paus Benediktus XVI sebelum meninggal dunia pada Sabtu 31 Desember 2022.

Vatikan Bocorkan Kalimat Terakhir Paus Benediktus XVI Sebelum Meninggal Dunia
Vatikan bocorkan kalimat terakhir Paus Benediktus XVI sebelum meninggal dunia. Gambar : REUTERS/Giampiero Sposito

BaperaNews - Vatikan mengungkap kalimat terakhir sebelum Paus Benediktus XVI meninggal dunia pada Sabtu 31 Desember 2022. Vatikan menyampaikan pada situs resmi mereka, menyebut bahwa suster yang merawat Paus Benediktus di masa-masa terakhirnya memberi pesan terakhir.

Suster tersebut mengaku mendengarkan Paus Benediktus bicara sesuatu pada pukul 03.00 waktu setempat atau beberapa jam sebelum Paus Benediktus meninggal dunia.

“Benediktus XVI berbisik tapi masih sangat jelas suaranya, Aku cinta kamu Tuhan,” ucap Sekretaris Benediktus Uskup Agung Georg Ganswein dengan emosional menyampaikan cerita suster tersebut.

Apa kalimat terakhir Paus Benediktus XVI sebelum meninggal dunia? Berikut kalimat terakhir Paus Benediktus XVI yang telah rangkum oleh Tim Redaksi BaperaNews.

Kalimat Terakhir Paus Benediktus XVI

Paus Benediktus XVI berucap “Aku cinta kamu Tuhan” sebelum ajal menjemputnya. “Saya saat itu tidak ada disana, tapi suster memberitahu saya setelah peristiwa itu. Itu ialah kalimat terakhirnya yang amat berarti, mengekspresikan dirinya” pungkas Georg.

Sebagai informasi Paus Benediktus XVI meninggal dunia pada Sabtu 31 Desember 2022 di usia yang ke-95 tahun, kesehatannya terus menurun. Paus Fransiskus bahkan pernah meminta doa untuk Paus Benediktus XVI kepada jamaah pada Rabu 28 Desember 2022 lalu untuk kesembuhan Paus Benediktus XVI.

Baca Juga : Paus Benediktus Meninggal Dunia, Vatikan: Dimakamkan Di Santo Basilika

“Saya minta Anda semua panjatkan doa kepada Paus Benediktus yang sedang sakit, dia selalu menopang gereja dalam ketenangannya, dia sedang sangat sakit. Kami mohon pada Tuhan untuk menghibur dan mendukungnya hingga akhir hayatnya” tutup Paus Fransiskus kala itu.

Benediktus XVI dinorbatkan menjadi Paus ke-265 di umurnya yang ke-78 pada tahun 2005 lalu, ia jadi Paus tertua yang pernah ditunjuk. Pada tahun 2013, ia mengundurkan diri karena masalah kesehatan, keputusannya pun menggegerkan dunia sebab secara tradisi, Paus baru tergantikan ketika telah meninggal dunia. Ia jadi Paus pertama yang mundur dalam 600 tahun terakhir.

Pemakaman Paus Benediktus XVI

Juru Bicara Vatikan Matteo Bruni menyebut pemakaman Paus Benediktus XVI akan dilakukan secara sederhana, hal ini sesuai keinginan almarhum. Tamu yang datang hanya dari Italia dan Jerman, perwakilan dari Negara lain hadir dalam kapasitas pribadi.

Jenazah Paus Benediktus XVI akan dipindahkan ke Basilika Santo Petrus, disana, masyarakat bisa melihat jenazah almarhum pada pukul 09.00 – 19.00 waktu setempat. Acara pemakaman Paus Benediktus XVI dilaksanakan pada Kamis (4/12) pukul 9.30 waktu setempat dipimpin oleh Paus Fransiskus.

Baca Juga : Paus Fransiskus: Akhiri Perang Rusia-Ukraina