Twitter Blue Bisa Upload Video Hingga 2 Jam, Film Bajakan Bakal Muncul?

Twitter Blue, layanan berbayar Twitter, menawarkan fitur eksklusif termasuk unggah video hingga 2 jam. Namun, penggunaan fitur ini dikhawatirkan mengundang pembajakaan film.

Twitter Blue Bisa Upload Video Hingga 2 Jam, Film Bajakan Bakal Muncul?
Fitur Baru Twitter Blue. Gambar: Reuters/Dok. Dado Ruvic

BaperaNews - Twitter Blue atau Twitter premium berbayar kini memberi fitur baru Twitter Blue untuk penggunanya, salah satunya memungkinkan pengguna upload video berdurasi lama hingga 2 jam dengan resolusi full HD. Hal ini diumumkan langsung oleh CEO Twitter Elon Musk pada akun Twitter pribadinya.

“Pelanggan Twitter Blue kini bisa mengunggah video dengan durasi hingga 2 jam 8 GB!” cuit Elon.

Fitur ini memberi peningkatan jauh dari sebelumnya dimana Twitter sebelumnya hanya mengijinkan unggah video maksimal 140 detik.

Sayangnya sejumlah pengguna justru memanfaatkan fitur ini untuk membajak film, dengan mengunggah film dari layar lebar secara lengkap. Misalnya film Shrek The Third yang berdurasi 2 jam telah berhasil diunggah dan dibagikan seorang pengguna Twitter.

Fitur baru Twitter Blue unggah video hingga 2 jam ini sebenarnya masih punya banyak batasan, diantaranya harus dilakukan melalui web atau iOS, pengguna Twitter Blue Android hanya bisa unggah video maksimal 10 menit, dan tentunya biaya langganan bulanan yang harus dibayar.

Baca Juga: Fitur Terbaru Twitter: Ada Telepon dan Video Call Tanpa Nomor HP

Twitter tengah berupaya meningkatkan pendapatannya dengan menarik lebih banyak pengguna ke layanan berbayar melalui fitur baru Twitter Blue ini.

Selain fitur unggah video berdurasi panjang, Twitter Blue juga tawarkan fitur eksklusif lain seperti tandang centang biru, batasan cuitan 10 ribu karakter (sebelumnya 4 ribu karakter), hingga muncul lebih banyak di beranda pengguna lain yang akan memudahkan promosi akun dan bisnis lainnya.

Fitur yang paling disorot ialah tentang unggah video maksimal 2 jam yang telah terbukti dijadikan sejumlah pengguna untuk membajak film.

Bukan tak mungkin ke depannya akan lebih banyak pengguna mengunggah film lain demi bisa mendapat lebih banyak followers dan pendapatan dari unggahan tersebut.

Film lain yang juga telah diunggah pengguna Twitter ialah Tokyo Drift 1995 dan Avatar 2009. Sejumlah akun pengunggah film telah ditangguhkan namun video tetap bertahan beberapa saat. Warganet pun menyorot aturan Twitter tentang jaminan  hak cipta yang nampaknya bertentangan dengan fenomena ini.

Bagaimanapun juga fitur video Twitter ini sebenarnya hanya dimaksudkan untuk membeli lebih banyak nilai dan fitur eksklusif untuk pelanggan berbayar meski harus berhadapan dengan hak cita dan resiko pembajakan yang potensial dalam penerapannya.

Baca Juga: Twitter Akhirnya Rilis Fitur DM Terenkripsi untuk Pengguna Berbayar