Top 3 Dunia, PM Inggris Minta Maaf, China Tak Kirim Bantuan ke Ukraina

Berita dunia paling populer kali ini datang dari PM Inggris meminta maaf kepada rakyatnya karena inflasi, Ukraina sebut Rusia pakai taktik pemerkosaan dalam perang, hingga China tidak kirim bantuan ke Ukraina.

Top 3 Dunia, PM Inggris Minta Maaf, China Tak Kirim Bantuan ke Ukraina
PM Inggris, Boris Johnson. Gambar : AFP/ Dok. IAN VOGLER

BaperaNews - Berita terpopuler dari berbagai belahan dunia kali ini mulai dari melesatnya inflasi di Inggris, PM Inggris yakni Boris Johnson minta maaf karena tak bisa memberi bantuan untuk rakyatnya yang kesusahan. Berita kedua datang dari Ukraina yang menyebut Rusia memakai taktik pemerkosaan dalam perang, dan berita terakhir ialah China yang disebut oleh Amerika Serikat sama sekali belum memberi bantuan untuk Ukraina.

Berikut berita selengkapnya yang akan kami sajikan untuk anda : 

  1. Inggris Inflasi, PM Boris minta maaf

Perdana Menteri atau PM Inggris, Boris Johnson menyampaikan permintaan maafnya karena pemerintah Inggris tidak bisa memberi bantuan kepada siapapun di negaranya yang saat ini sedang kesusahan karena inflasi sehingga membuat biaya hidup naik signifikan, Inggris menyebut kini harus berhati-hati dengan pengeluarannya agar bisa terhindar dari inflasi spiral.

Kenaikan harga kebutuhan rumah tangga saat ini memang sejak melonjak tinggi dan pemerintah ditekan untuk memberi bantuan kepada rakyatnya terutama pada kelompok orang miskin dan yang tak mampu beli bahan bakar.

Pemerintah Inggris menyebut tak bisa memberi dukungan pada masyarakat miskin namun berjanji akan berusaha mengatasi kenaikan harga-harga barang.

Baca Juga : Ramai Lagi Kabar Putin Kena Kanker Tiroid, Jalani Operasi Di Tengah Perang

  1. Ukraina sebut Rusia pakai taktik pemerkosaan

Jaksa Agung Ukraina, Iryna Benediktova, menuduh Rusia terutama Presiden Vladimir Putin sebagai penjahat perang utama abad 21, Rusia sebelumnya membantah telah menyerang warga sipil ataupun melakukan kejahatan perang di Ukraina, namun belum ada tanggapan tentang tuduhan baru tersebut.

Iryna menyebut negaranya sedang mengumpulkan informasi tentang tuduhan pemerkosaan, penyiksaan, dan kejahatan perang lainnya yang dilakukan pasukan Rusia. “Saya yakin itu ialah strategi, tentu saja untuk membuat masyarakat sipil takut agar Ukraina menyerah” ujarnya.

  1. China tidak kirim bantuan ke Ukraina

Pejabat senior di Amerika Serikat menyebut China sama sekali tidak memberi bantuan untuk Ukraina baik itu bidang ekonomi maupun kemanusiaan. “Kami belum melihat China memberi bantuan atau dukungan ke Ukraina ataupun membantu Rusia menghindari sanksi kami, kami terus memnatau China dan Negara lain yang mungkin akan mendukung Rusia atau menolong Negara tersebut untuk menghindari sanksi dari Amerika Serikat dan sekutunya” ujar seorang sumber dari Pemerintahan Biden.

Akibat perang Rusia Ukraina, arus ekspor kini terdampak di dunia internasional dimana Rusia ialah penghasil biji-bijian dengan lumbung terbesar di dunia, membuat krisis kelaparan global yang kini sudah terasa di Timur Tengah dan Afrika.

Baca Juga : Zelensky Galang Dana Online, Satu Klik Anda Bangun Kembali Ukraina