Tol Macet 1 KM Saat Mudik Lebaran Tidak Jadi Gratis, Menhub Disomasi

Menhub Budi Karya disomasi terkait pernyataannya yang menyebut akan menggratiskan tarif tol jika terjadi macet hingga 1 km saat mudik Lebaran 2022!

Tol Macet 1 KM Saat Mudik Lebaran Tidak Jadi Gratis, Menhub Disomasi
Tol Macet 1 KM Saat Mudik Lebaran Tidak Jadi Gratis, Menhub Disomasi. Gambar: Antara/Dok. Wahyu Putro

BaperaNews - Menhub Budi Karya disomasi, ia dianggap berbohong tentang pernyataannya pada libur Lebaran minggu lalu yang menyebut akan menggratiskan tarif tol jika terjadi macet hingga 1 km saat mudik Lebaran 2022.

Somasi dilayangkan oleh seorang pengacara bernama Mohammad Sholeh, ia melayangkan somasi dan menyebut Budi Karya memberi harapan palsu, rencana somasi tersebut diungkap oleh Sholeh di akun Youtubenya.

“Itu menunjukkan apa yang disampaikan oleh Pak Menhub hanya PHP untuk masyarakat” ujarnya hari Senin 9 Mei 2022. Ia meminta agar Budi Karya memohon maaf kepada masyarakat karena tidak menepati janjinya untuk menggratiskan tol jika ada kemacetan lebih dari 1 km.

“Saya mau mensomasi Menhub atas kelalaiannya membuat janji yang tidak bisa dipenuhi ini, supaya minta maaf kepada publik, kepada masyarakat” imbuhnya. Sholeh melanjutkan, jika Budi Karya tidak mempedulikan somasinya, ia akan menempuh langkah hukum.

“Bayangkan saja ratusan ribu pengguna tol dan jumlah kendaraannya, kalau dihitung tentu seharusnya mereka yang dapat gratis tapi harus bayar dengan jumlah sangat banyak” ucapnya.

Baca Juga: Warga China Frustasi Lockdown Sampai Finlandia Gabung NATO

Sebelumnya Menhub Budi Karya viral karena janjinya akan menggratiskan biaya masuk tol jika terjadi kemacetan di gerbang tol sepanjang 1 km atau lebih saat libur lebaran.

“Kalau di tol sudah ada kesepakatan, kalau macet di gerbang tol lebih dari 1 km jadinya bebas tarif atau gratis” ujarnya pada Rabu 20 April 2022 lalu.

Pada waktu itu, Budi Karya  juga menyebut hal ini untuk menuntut para pengelola jalan tol agar memberi pelayanan yang terbaik apalagi terjadi prediksi lonjakan jumlah pemudik di tahun 2022 ini setelah dua tahun lamanya mudik tidak diperbolehkan karena adanya pandemi covid-19.

Pada kenyataannya di lapangan, sejumlah gerbang tol macet panjang, diantaranya ialah Tol Cikampek dan Tol Cipali, pihak kepolisian sendiri sudah melakukan berbagai upaya untuk mencegah kemacetan, salah satunya dengan sistem one way, namun karena banyaknya kendaraan yang mudik tahun ini, kemacetan tetap tidak bisa terhindarkan meski akhirnya bisa diatasi dengan baik.

Menhub Budi hingga saat ini belum memberikan pernyataan tentang somasi pada dirinya ataupun keterangan kenapa tidak ada biaya tol gratis sebagaimana yang dijanjikan sebelumnya.

Baca Juga : Kim Jong Un Selamati Putin Saat Rusia Peringati Hari Kemenangan