Tips Menyimpan Sisa Makanan agar Tahan Lama

Banyak orang yang menyimpan sisa makanan sehari – hari di dalam kulkas agar tahan lama dan bisa dikonsumsi lagi, berikut cara khusus yang bisa dilakukan agar sisa makanan tetap aman selama proses penyimpanannya.

Tips Menyimpan Sisa Makanan agar Tahan Lama
Ilustrasi makanan sisa di kulkas, Gambar : Wallpaperflame.com

BaperaNews - Banyak orang yang menyimpan sisa makanan sehari – hari di dalam kulkas dengan harapan bisa dikonsumsi kembali. Namun proses penyimpanan sisa makanan tersebut sebaiknya tidak sembarangan agar tetap aman dan bertahan lama. Penyimpanan yang asal – asalan banyak dilakukan karena kurangnya pengetahuan dan wawasan.

Perlu diperhatikan bahwa kebanyakan sisa makanan yang disimpan di dalam kulkas, hanya mampu bertahan setidaknya kurang dari 24 jam saja. Berbeda dengan bahan makanan yang bisa disimpan lama. Cara paling tepat untuk menyimpan sisa makanan adalah dengan menyimpannya di dalam freezer. Untuk masa penyimpanannya pun bisa tanpa batasan waktu, asal disimpan dengan cara yang benar.

Pakar yang bergelut di bidang penyimpanan sisa makanan bernama Leanne Miyasaki (Simple Healthy Delish) memberikan keterangan, memang ada cara khusus yang bisa dilakukan agar sisa makanan tetap aman selama proses penyimpanannya.

1.Pastikan Makanan dalam Kondisi Dingin

Sebelum disimpan di dalam kulkas, ada baiknya makanan harus dalam kondisi dingin. Banyak orang yang melakukan kesalahan saat menyimpan makanan dengan cara memasukkan sisa makanan ke dalam sebuah wadah, namun makanan tersebut masih dalam kondisi panas atau pun hangat.

Kelembaban yang muncul dari makanan panas atau hangat, bisa menurunkan kualitas dari makanan itu sendiri. Makanan dalam kondisi dingin yang disimpan di dalam kulkas, rasanya pun tak akan berubah saat dipanaskan kembali layaknya makanan baru.

2.Menggunakan Wadah Berlapis

Sisa makanan yang disimpan dalam sebuah wadah, tak cukup untuk mempertahankan kualitas makanan. Sangat direkomendasikan untuk membungkusnya kembali dengan kantong agar lebih tertutup sebelum memasukkannya ke dalam kulkas.

3.Penyimpanan Wajib di Bagian Tengah Freezer

Fungsi dari meletakkan makanan di bagian tengah freezer adalah untuk menghindari kontak langsung dengan bagian terdingin dari freezer. Bagian penyimpanan terbaik adalah tepat di bagian bawah freezer. Selain itu, pastikan sisa makanan juga ditata sedemikian rupa dalam posisi vertikal dan rata.

4.Makanan Sisa Bisa Jadi Menu Sarapan Sehat

Beberapa sayuran segar dan buah – buahan bisa dibekukan dan diolah menjadi smoothies untuk sarapan pagi. Agar lebih nikmat, kalian bisa menambahkan yogurt untuk meningkatkan kesehatan bagian saluran pencernaan.

5.Tambahkan Bahan – Bahan Segar

Mengolah kembali sisa makanan yang disimpan di dalam kulkas, akan lebih nikmat dan tampak segar jika ditambahkan dengan bahan – bahan makanan segar.