Gejala Stroke Ringan dan Cara Mengatasinya

Agar gejala stroke tak terlanjur parah, ada baiknya kalian paham betul terhadap gejala – gejala stroke itu sendiri, berikut cara-cara mengatasi gejala stroke.

Gejala Stroke Ringan dan Cara Mengatasinya
Ilustrasi gejala stroke ringa, Gambar : Kompas.com

BaperaNews - Saat ini, banyak orang yang tak menyadari bahwa dirinya ternyata tengah mengalami gejala stroke. Tanpa mengetahui gejalanya lebih awal, pemberian penanganan terbaik pun tidak bisa dilakukan dan kebanyakan penyakit ini diketahui jika sudah parah. Terlambatnya pemberian obat pada saat sudah benar – benar terkena stroke, tentu akan lebih sulit daripada saat masih mengalami gejala ringan.

Dari wawancara yang dilakukan terhadap kurang lebih 1000 pasien yang sudah menderita stroke oleh studi di Inggris, menunjukkan 70 persen diantaranya tak paham sama sekali mengenai gejala ringan dari stroke yang diderita.

Tidak sampai setengah dari total pasien tersebut yang mencari pertolongan pertama dengan cara medis setelah merasakan beberapa gejala stroke. Mereka mencari pertolongan medis setelah 3 jam merasakan gejala stroke.

Perlu kalian semua pahami, bahwasannya gejala stroke yang timbul sama dengan stroke itu sendiri. Hanya saja yang menjadi pembeda paling utama adalah dari segi waktu. Jika gejala ringan mulai muncul, biasanya hanya berlangsung beberapa menit saja.

Bagi yang paham mengenai stroke, pasti akan segera mencari pertolongan medis. Tapi bagi mereka yang cuek, gejala tersebut biasa dianggap karena kecapekan dan butuh istirahat saja.

Agar gejala stroke tak terlanjur parah, ada baiknya kalian paham betul terhadap gejala – gejala stroke itu sendiri.

Gejala Stroke Ringan

Gejala berikut ini bisa kalian pahami agar segera mendapatkan pertolongan terbaik.

Beberapa bagian tubuh merasakan mati rasa dan lemah. Bisa di bagian kaki, lengan atau pun wajah. Kebanyakan akan menyerang salah satu sisi bagian tubuh saja.

Kemudian merasakan kesulitan saat hendak berbicara, merasa kebingungan, satu bagian mata atau kedua bagian mata merasakan masalah saat melihat, kesulitan untuk berjalan, keseimbangan tubuh mulai terganggu, pusing hingga sakit kepala yang terjadi tiba – tiba dan penyebabnya tidak jelas 

Bagaimana cara mengatasinya?

Dengan menerapkan pola hidup sehat, semua gejala stroke yang mungkin saja timbul bisa diminimalisir. Contohnya seperti rutin berolahraga, makan – makanan yang sehat seperti sayur dan buah – buahan, menghindari berbagai makanan berminyak seperti gorengan, menghindari makanan yang terlalu manis, serta memastikan bisa mendapatkan waktu istirahat cukup.