Kini Twitter Punya Fitur Baru Menghapus Follower Tanpa Diketahui

Twitter meluncurkan sebuah fitur baru untuk pengguna agar dapat memblokir dan menghilangkan followers secara diam-diam tanpa diketahui.

Kini Twitter Punya Fitur Baru Menghapus Follower Tanpa Diketahui
Ilustrasi Twitter, Gambar : business.twitter.com

BaperaNews - Baru-baru ini, Twitter meluncurkan sebuah fitur baru dimana pengguna dapat memblokir secara halus dengan menghilangkan followers secara diam-diam tanpa diketahui.

Akan tetapi, untuk saat ini fitur tersebut hanya terdapat di Twitter versi web. Twitter juga belum mengumumkan kapan fitur tersebut akan tersedia di aplikasi.

Cara blokir diam-diam followers Twitter tanpa diketahui:

  1. Klik Profil
  2. Klik Followers
  3. Klik titik tiga dekat nama follower yang akan di blokir
  4. Pilih "Remove this Follower" (hapus pengikut ini).

Cara tersebut akan menghapus pengguna dari daftar pengikut tanpa diketahui oleh mereka. Karena Twitter tidak akan memberikan notifikasi dari adanya penghapusan follower.

Apabila telah dihapus, follower tersebut tak akan bisa untuk melihat cuitan pengguna di timeline mereka. Akan tetapi, mereka masih dapat untuk mengirimkan pesan langsung.

Follower ini masih dapat mengikuti pengguna lagi walaupun ia telah dihapus. Hal itu dikarenakan fitur ini bukan untuk menghapus secara permanen.

Fitur ini juga berfungsi agar pengguna dapat menyingkirkan pengikut tertentu tanpa memblokir total mereka. Apabila pengguna diblokir total, maka mereka tak bisa mengirim pesan langsung dan juga tak bisa melihat cuitan.

Twitter juga ingin membuat pengguna dapat lebih nyaman mengatur sendiri kegiatan bermedia sosial di platform mereka.

Dilansir dari The Verge, Twitter telah membuat fitur Safety Mode pada bulan lalu, dimana saat ini fitur sedang diuji ke beberapa pengguna. Fitur tersebut akan memblokir secara otomatis apabila seorang pengguna melakukan kekerasan verbal di platform Twitter.

Sementara itu dilansir dari TechRadar, Fitur tersebut adalah algoritma yang akan mengidentifikasi akun mana yang melakukan tindakan kekerasan berulang kepada pengguna lain. Apabila ketahuan, maka pihak Twitter akan memblokir secara otomatis akun tersebut selama 7 hari. 

Sementara itu, fitur menghapus follower ini dapat digunakan apabila pengguna ingin membatasi siapa saja yang akan melihat cuitan mereka serta dapat membantu untuk menghindari konflik yang dapat timbul apabila mereka melakukan blokir secara total.