TikTok Shop Akan Buka Kembali 10 November 2023

Menteri Perdagangan memberikan klarifikasi terkait isu TikTok Shop bakal kembali buka pada 10 November.

TikTok Shop Akan Buka Kembali 10 November 2023
TikTok Shop Akan Buka Kembali 10 November 2023. Gambar : Ilustrasi Kreator BaperaNews Via Canva

BaperaNews - Kabar mengenai rencana pembukaan kembali TikTok Shop pada 10 November 2023 mendatang telah mencuat dan menjadi perbincangan hangat di media sosial.

Namun, Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengaku belum mendengar kabar tiktok shop buka kembali dan memastikan bahwa TikTok belum mengajukan izin sebagai bisnis e-commerce.

Kabar TikTok shop buka kembali ini pertama kali muncul di media sosial X (sebelumnya dikenal sebagai Twitter) dan kemudian menyebar luas melalui platform media sosial TikTok. TikTok Shop sebelumnya secara resmi menutup layanan transaksinya pada 4 Oktober 2023.

Dalam pernyataannya, TikTok Indonesia menyatakan bahwa prioritas utamanya adalah untuk menghormati dan mematuhi peraturan dan hukum yang berlaku di Indonesia. Mereka juga berjanji untuk terus berkoordinasi dengan pemerintah terkait langkah dan rencana masa depan mereka.

Menanggapi kabar ini, Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, atau yang akrab disapa Zulhas, mengungkapkan bahwa hingga saat ini TikTok Shop belum mengajukan izin sebagai bisnis e-commerce.

Dia menjelaskan bahwa pemerintah bukanlah lembaga yang melarang, melainkan bertugas untuk mengatur dan menata perkembangan teknologi, termasuk media sosial dan e-commerce. 

Baca Juga : TikTok Shop Ditutup, Raffi Ahmad Jualan di Live Instagram

Zulhas menegaskan bahwa peraturan yang ada bertujuan untuk mengatur seluruh aspek perkembangan teknologi, bukan hanya perusahaan tertentu. Hal ini mencakup pengaturan dalam bidang media sosial, social commerce, dan e-commerce secara keseluruhan.

Oleh karena itu, langkah pembukaan kembali TikTok Shop akan melalui proses regulasi dan izin yang berlaku.

Di sisi lain, Direktur Perdagangan Melalui Sistem Elektronik dan Perdagangan Jasa, Rifan Ardianto, dari Ditjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag, menjelaskan bahwa hingga saat ini pihaknya belum menerima permintaan izin untuk menjalankan bisnis e-commerce dari TikTok Shop Indonesia.

Rifan menambahkan bahwa pihaknya akan mengecek ulang informasi yang beredar terkait rencana pembukaan TikTok Shop pada 10 November mendatang.

Sebelumnya, dalam berita yang beredar di media sosial X, banyak pengguna mencoba mencari kebenaran terkait kabar pembukaan TikTok Shop pada 10 November. Meskipun demikian, kabar tersebut belum dapat dipastikan kebenarannya hingga saat ini. 

Baca Juga : TikTok Shop Ditutup, Pedagang Pasar Tanah Abang Minta Lazada dan Shopee Ikut Dihentikan