Tiket Wisata Ke Luar Angkasa Naik Balon Udara Mulai Dari Rp700 Jutaan

Ingin keluar angkasa ? Kamu bisa coba dengan naik balon udara milik perusahaan World View. Harganya Rp 700 juta, lebih murah dari penerbangan Elon Musk yang mencapai Rp 7 Miliar

Tiket Wisata Ke Luar Angkasa Naik Balon Udara Mulai Dari Rp700 Jutaan
Wisata Luar Angkasa dengan balon udara lebih murah seharga Rp 700 juta". Gambar : Tangkapan layar web worldview.space

BaperaNews - World View yang merupakan sebuah perusahaan balon stratosfer mengumumkan bahwa perluasan layanan yang mencakup pengalaman wisata luar angkasa yang baru dengan menggunakan balon udara berteknologi tinggi.

Penerbangan luar angkasa tersebut akan mengantarkan 8 penumpang serta 2 anggota tim dari World View dalam sebuah balon stratosfer yang memiliki tekanan nol serta kapsul ruang angkasa bertekanan ke ketinggian 37 kilometer menuju stratosfer.

Diketahui, secara total perjalanan ke luar angkasa melalui balon udara akan berlangsung selama 6 sampai 12 jam.

Perjalanan dimulai di pelabuhan antariksa World View. Sebelum itu, para wisatawan akan diajak untuk pelesir di pelabuhan yang menjadi destinasi.

Tiket wisata keluar angkasa menaiki balon udara ini dibanderol dengan harga US$50 ribu atau sekitar Rp 712 juta per orangnya.

Harga tersebut diketahui lebih murah apabila dibandingkan dengan penerbangan wisata luar angkasa yang ditawarkan oleh Elon Musk, Jeff Bezos, maupun Richard Branson yang harga tiketnya dimulai dari US$500 ribu atau sekitar Rp 7 Miliar per orangnya.

Ryan Hartman selaku presiden dan CEO World View menyampaikan bahwa pihaknya memilih untuk dapat memberikan pengalaman wisata luar angkasa yang berbeda, dimana akan memungkinkan lebih banyak orang untuk melihat bulatnya Bumi, kegelapan ruang angkasa, serta kerapuhan planet kita.

Untuk dapat meningkatkan akses manusia ke wisata ruang angkasa, pihaknya telah menawarkan pengalaman ini dengan harga yang lebih terjangkau, sebagaimana dikutip dari Travel and Leisure pada Senin (4/10).

Selain harganya yang terjangkau, terdapat faktor aksesibilitas untuk semua kalangan yang juga dipertimbangkan oleh perusahaan mereka.

Ryan menjelaskan bahwa pihaknya ingin memastikan bahwa layanan ini dapat diakses oleh semua orang dengan segala kemampuan fisiknya. Ia menambahkan bahwa pihaknya telah merancang pengalaman untuk penerbangan serta pendaratan yang sangat lembut, bahkan diklaim lebih mulus dibandingkan dengan pesawat komersial.

Ryan juga menyampaikan bahwa apabila tertarik untuk bergabung dengan penerbangan ini maka dapat melakukan deposit mulai hari ini hanya US$500 atau sekitar Rp7 juta.

Rencananya, penerbangan komersial pertama World View ini akan dimulai pada awal 2024 dengan nirlaba Space for Humanity.

Rachel Lyons selaku direktur eksekutif Space for Humanity menyampaikan dalam pernyataannya bahwa pihaknya sangat senang dijadwalkan terbang dengan kapsul komersial pertama dari World View.

Rachel menambahkan bahwa misi perusahaan yaitu untuk untuk dapat memperluas akses ke luar angkasa yang bisa dicapai oleh semua orang. Selain itu juga menginspirasi kepada semua kalangan untuk dapat menciptakan perubahan positif di Bumi. Hal ini tentu menjadi sebuah terobosan penting dalam sektor pariwisata ruang angkasa.