Najwa Shihab Dilecehkan Secara Verbal oleh Komika Felix Seda di Acara Desak Anies

Komika Felixius Seda membuat komentar seksis terhadap Najwa Shihab di acara Desak Anies. Baca selengkapnya di sini!

Najwa Shihab Dilecehkan Secara Verbal oleh Komika Felix Seda di Acara Desak Anies
Najwa Shihab Dilecehkan Secara Verbal oleh Komika Felix Seda di Acara Desak Anies. Gambar: Kolase Instagram/@najwashihab/@felixseda

BaperaNews - Dalam acara bertajuk Desak Anies yang berlangsung di Yogyakarta pada Rabu (23/1), Najwa Shihab menjadi korban pelecehan verbal oleh komika Felixius Seda.

Insiden komika lecehkan Najwa Shihab ini terjadi di depan ribuan penonton saat Seda melakukan pembukaan dengan mengeluarkan komentar seksis yang ditujukan kepada Shihab.

"Mbak Nana cantik banget bajunya putih-putih kayak sprei di rumah saya, rasanya jadi pengen nidurin," kata Seda, yang langsung menuai kecaman dari penonton.

Kejadian tersebut langsung mendapat respons negatif dari hadirin, termasuk seorang penonton perempuan bernama Emma yang naik ke panggung untuk menyampaikan protesnya.

"Saya sangat menyayangkan mengapa ruang aman berdemokrasi yang sedang coba kita inisiasi bersama ini masih ada pembolehan, kewajaran menyampaikan materi yang sifatnya seksis dan misoginis," ungkap Emma, yang pendapatnya langsung disetujui oleh ribuan penonton lainnya.

Menanggapi hal ini, Ubah Bareng, penyelenggara acara Desak Anies mengeluarkan pernyataan maaf kepada Najwa Shihab melalui akun media sosial mereka. Dalam pernyataannya, Ubah Bareng mengecam tindakan Felixius Seda dan mengaku terkejut serta kecewa atas kelakuan tak terpuji tersebut.

Baca Juga: Viral! Komika Diduga Menistakan Nabi Muhammad SAW di Acara Desak Anies

"Kami amat menyayangkan keluarnya bit objektifikasi perempuan secara impromptu... Ini merupakan bentuk pertanggungjawaban publik dari kami," tulis Ubah Bareng.

Sebagai langkah pertanggungjawaban, Ubah Bareng meminta Felixius Seda untuk meminta maaf secara langsung kepada Najwa Shihab. Seda kemudian merekam permintaan maafnya melalui akun Instagram, menyampaikan penyesalannya kepada Shihab.

Najwa Shihab dengan besar hati menerima permintaan maaf tersebut dan berharap kejadian ini menjadi pelajaran bagi Seda untuk lebih sensitif dalam memilih materi lawakan.

Penyelenggara juga menegaskan bahwa mereka sudah memberikan briefing kepada seluruh pengisi acara, termasuk Felixius Seda, mengenai larangan membahas SARA dan materi yang bersifat objektifikasi serta pelecehan.

Namun, insiden ini menunjukkan bahwa antisipasi tersebut belum cukup, dan Ubah Bareng berjanji akan melakukan evaluasi serta memperbaiki Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk acara selanjutnya.

Kejadian komika lecehkan Najwa Shihab di acara Desak Anies ini menjadi pengingat bagi semua pihak untuk lebih berhati-hati dalam berucap dan bertindak, terutama di forum publik.

Baca Juga: Viral! Anies Baswedan Dipukul oleh Pria Asing di Acara Desak Anies