Telegram Rilis Fitur Baru, Punya "App Store" Mini

Telegram baru saja meluncurkan Mini App Store yang memudahkan pengguna menemukan dan menggunakan aplikasi mini.

Telegram Rilis Fitur Baru, Punya "App Store" Mini
Telegram Rilis Fitur Baru, Punya "App Store" Mini. Gambar: Ilustrasi Canva

BaperaNews - Telegram baru saja meluncurkan serangkaian fitur baru yang meningkatkan pengalaman pengguna. Salah satu fitur utamanya adalah kehadiran "Mini App Store," yang memudahkan pengguna untuk mencari dan menggunakan aplikasi mini di dalam platform ini.

Fitur ini mencakup game, alat pembuat konten berbasis kecerdasan buatan (AI), dan peralatan lainnya.

Pengguna dapat mengakses Mini Apps Store melalui tombol "Search" di menu obrolan, tepat di bawah deretan Telegram Stories. Menu baru bernama "Apps" memungkinkan pengguna untuk menemukan berbagai aplikasi yang telah diunggah oleh developer.

Developer juga dapat mengunggah video demonstrasi dan tangkapan layar (screenshot) untuk pratinjau aplikasi mini tersebut, memberikan gambaran lebih jelas sebelum dibuka oleh pengguna.

Telegram Stars, mata uang virtual Telegram, kini dapat digunakan dalam Mini Apps. Aplikasi mini yang menggunakan Telegram Stars memiliki kesempatan untuk ditampilkan di menu "Popular Apps."

Fitur telegram ini memungkinkan pengguna membeli layanan atau konten dari bot dan aplikasi mini di Telegram.

Pengguna juga dapat membuat konten Telegram Stories yang beragam melalui aplikasi mini, termasuk video berbasis AI, pencapaian pengguna, dan tangkapan layar dari papan peringkat dalam game.

Baca Juga: Saingi Google, OpenAI sedang Mengembangkan SearchGPT

Pembaruan juga hadir di peramban dalam aplikasi (in-app browser), memungkinkan halaman yang diakses bisa ditutup dan dibuka kembali melalui menu di bawah aplikasi (bottom bar). Hal ini memungkinkan pengguna untuk berpindah cepat antara pesan, situs, artikel, dan aplikasi mini tanpa kehilangan progres.

Fitur pembelian Telegram Stars sebagai hadiah juga telah diperkenalkan. Pengguna dapat mengakses fitur ini melalui menu "My Stars" > "Gift Stars to Friends" di pengaturan.

Kontak pengguna yang sedang merayakan ulang tahunnya akan ditempatkan paling atas dalam daftar penerima hadiah.

Paket pembelian Telegram Stars sebagai hadiah beragam, mulai dari 100 Stars seharga Rp35.999 hingga 10.000 Stars seharga Rp3,5 juta. Stars yang dibeli akan muncul di ruang obrolan dalam bentuk kotak hadiah dengan animasi unboxing.

Telegram juga memperkenalkan beberapa fitur baru lainnya, termasuk pesan video (video messages) yang kini mendukung penggunaan lampu LED flash depan, memungkinkan pengguna untuk berinteraksi menggunakan kamera depan meski dalam kondisi minim cahaya.

Widget cuaca bergerak (animated) yang dapat ditambahkan ke Telegram Stories, yang menyesuaikan skala suhu Celsius dan Fahrenheit, juga menjadi bagian dari pembaruan ini.

Pengguna dapat menambahkan musik, tautan, dan lokasi ke Stories melalui menu "Stickers," serta memilih sampul (cover) untuk Video Story yang ingin diunggah ke profil.

Baca Juga: Apple Bikin Iklan "Horor" untuk Rayu Pengguna Android Beralih ke iOS