Suka Boros? Simak Tips Menabung Buat Pelajar

Menabung memang keliatan sulit untuk seseorang yang hidupnya boros atau sering jajan. Padahal, menabung itu hal yang penting lho. Berikut tips menabung untuk pelajar!

Suka Boros? Simak Tips Menabung Buat Pelajar
Menabung memang keliatan sulit untuk seseorang yang hidupnya boros atau sering jajan. Padahal, menabung itu hal yang penting lho. Berikut tips menabung untuk pelajar! Gambar : Pixabay.com/Dok. Nattanan23

BaperaNews - Ketika kamu sedang sekolah, mungkin kamu belum punya penghasilan sendiri, namun ada juga teman kamu yang sudah memiliki penghasilan sendiri seperti dari jualan di online shop, membantu pekerjaan orang tuanya, ataupun memiliki pekerjaan sampingan.

Kebanyakan pelajar ini masih mendapatkan uang jajan dari orang tuanya, ada yang dikasih sebulan sekali , ada juga yang dikasih seminggu sekali, ada juga yang dikasih tiap hari.

Kebanyakan pelajar belum bisa menabung karena mereka memiliki banyak kebutuhan, seperti biaya transportasi, biaya untuk makan dan minum, dan biaya untuk jajan atau nongkrong.

Padahal menabung itu penting untuk dilakukan agar ketika terjadi sesuatu hal yang mendesak kamu tidak perlu khawatir karena kamu memiliki tabungan. Oleh karena itu, kamu harus mengetahui beberapa tips menabung untuk pelajar agar tidak boros lagi. Nah berikut ini adalah beberapa tips menabung untuk pelajar.

@baperanews.com Menabung memang keliatan sulit untuk seseorang yang hidupnya boros atau sering jajan. Padahal, menabung itu hal yang penting lho. Berikut tips menabung untuk pelajar! #tipsmenabung #tipsnabung #nabung #frugalliving ♬ Mood - ARTPROSND

Tips Menabung Buat Pelajar:

  1.     Niat

Hal yang paling utama dilakukan sebelum menabung adalah niat, ketika kamu sudah niat untuk menabung maka tidak ada alasan bagi kamu untuk tidak menabung. Niatkanlah dulu di dalam hati atau jika perlu tulis keinginanmu di kertas misalnya kamu ingin membeli sepatu / jam tangan, kamu tulis di kertas bahwa kamu tidak boleh boros karena kamu memiliki niat menabung.

Baca Juga : Sedikit Demi Sedikit Menjadi Bukit, Ini Tips Menabung Harian!

  1.     Selalu Sisihkan Uang Saku Yang Didapat

Kamu harus mulai membiasakan diri untuk selalu menyisihkan uang tiap harinya walaupun dalam jumlah yang sedikit , tetapi apabila hal itu dilakukan dengan konsisten maka tabungan kamu pun akan semakin banyak.

  1.     Kurangi Kegiatan Nongkrong atau Jajan

Ketika kamu sedang sekolah, tanpa kamu sadari kamu banyak menghabiskan uang di sekolah seperti jajan makanan dan minuman, maupun diluar sekolah seperti menghabiskan waktu untuk nongkrong bersama teman tiap harinya, walaupun itu memang kegiatan yang asyik dilakukan namun kamu harus membatasinya agar kamu bisa menabung.

  1.     Membawa Bekal Makanan dan Minuman Dari Rumah

Nah membawa bekal ini adalah salah satu cara yang bagus dilakukan untuk menabung, kamu tidak perlu menghabiskan uangmu di sekolah untuk membeli makan maupun minum, karena kamu sudah membawanya dari rumah. Uang jajan yang telah diberikan oleh orang tuamu otomatis tidak terpakai dan bisa kamu sisihkan untuk ditabung.

  1.     Membagi Uang Sesuai Dengan Kebutuhannya

Untuk hal terakhir yang harus dilakukan yaitu kamu harus banget membagi uang sesuai dengan kebutuhanmu. Misalnya kamu dikasih uang jajan per minggu, kamu harus bisa membaginya jatah uang untuk biaya transportasi, uang untuk jajan, uang untuk mengerjakan tugas /kerja kelompok, dan uang untuk ditabung. Dengan demikian, kamu akan merasa lebih mudah untuk mengatur keuanganmu.

Baca Juga : Nabung Emas Dianggap Lebih Aman, Ini Faktanya