Sri Mulyani & Dirut Pertamina Masuk Daftar 100 Wanita Berpengaruh Dunia Versi Forbes

Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati masuk ke dalam daftar 100 wanita paling berpengaruh di dunia versi Forbes.

Sri Mulyani & Dirut Pertamina Masuk Daftar 100 Wanita Berpengaruh Dunia Versi Forbes
Sri Mulyani & Dirut Pertamina Masuk Daftar 100 Wanita Berpengaruh Dunia Versi Forbes. Gambar : Instagram/@smindrawati

BaperaNews - Majalah bisnis Forbes, baru saja merilis daftar tahunan mereka mengenai 100 wanita paling berpengaruh di dunia untuk tahun 2023. 

Dalam daftar prestisius ini, terdapat dua tokoh perempuan Indonesia yang berhasil menembus jajaran 100 wanita paling berpengaruh di dunia versi Forbes. Mereka adalah Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Nicke Widyawati, Direktur Utama Pertamina.

Sri Mulyani, Menteri Keuangan Indonesia, berhasil menempati peringkat ke-47 dalam daftar tersebut. Pengakuan ini diberikan atas kontribusinya dalam meningkatkan pendapatan negara melalui reformasi perpajakan, yang mencakup memperluasan layanan e-filing dan peningkatan kepatuhan wajib pajak.

Selain itu, Sri Mulyani dinilai sukses dalam melaksanakan reformasi dan mempromosikan kesetaraan gender saat masih berada di Bank Dunia. Pengalaman dan rekam jejaknya, termasuk jabatan sebagai Menteri Keuangan Indonesia pada periode 2005 hingga 2010, turut diakui sebagai kontribusi signifikan dalam membantu transisi Indonesia dari negara otokrasi ke demokrasi.

Nicke Widyawati, Direktur Utama Pertamina, juga memperoleh tempat di dalam daftar prestisius ini, menempati peringkat ke-51. Sebagai pemimpin di salah satu perusahaan energi terbesar di Indonesia. 

Baca Juga : Daftar Negara Paling Dermawan di Dunia, Indonesia Teratas!

Tidak hanya Sri Mulyani dan Nicke Widyawati, namun daftar 100 wanita paling berpengaruh di dunia versi Forbes tahun 2023 ini juga dihuni oleh sejumlah tokoh dunia yang memegang peran penting.

Di posisi puncak, terdapat Ursula von der Leyen, Presiden Komisi Eropa, yang diikuti oleh Christine Lagarde, Presiden Bank Sentral Eropa, Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris, dan penyanyi-penulis lagu Amerika, Taylor Swift.

Wakil Presiden Eksekutif di Forbes, Moira Forbes, mengatakan, "Pada tahun yang dibayangi oleh gejolak ketidakpastian dan ketidakstabilan, perempuan adalah yang paling berkuasa di dunia memanfaatkan pengaruh mereka di luar wilayah tradisional untuk mendorong transformasi besar."

Forbes juga mencatat bahwa kepemimpinan perempuan sangat terlihat saat kita menghadapi konvergensi krisis global.

Maggie McGrath, Editor Forbes Women, menambahkan bahwa daftar wanita paling berpengaruh dunia tahun ini memperlihatkan keberagaman yang cukup unik. Selama dua dekade terakhir, daftar tersebut biasanya berkaitan dengan perubahan cara memperoleh dan menerapkan kekuasaan secara global.

Namun, pada tahun ini, ikon hiburan juga menduduki peringkat teratas bersama para politisi global dan pemimpin bisnis dunia.

Baca Juga : Daftar Negara Bebas Visa untuk Paspor Indonesia, Ada Eropa!