Skema Timnas Indonesia untuk Lolos ke Ronde Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Jika Indonesia hanya meraih hasil imbang atau bahkan kalah dari Filipina, mereka harus menunggu hasil pertandingan antara Vietnam dan Irak. Simak Selengkapnya!

Skema Timnas Indonesia untuk Lolos ke Ronde Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026
Skema Timnas Indonesia untuk Lolos ke Ronde Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Gambar: Bola.net/M Iqbal Ichsan

BaperaNews - Timnas Indonesia akan menghadapi Filipina dalam laga terakhir Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada Selasa (11/6/2024) pukul 19.30 WIB di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Hanya kemenangan yang dapat memastikan langkah Timnas Indonesia ke putaran ketiga kualifikasi tersebut.

Pentingnya Kemenangan Melawan Filipina

Saat ini, Timnas Indonesia berada di posisi kedua klasemen Grup F dengan 7 poin dan selisih gol -2. Sementara itu, Vietnam berada di posisi ketiga dengan 6 poin dan selisih gol yang sama. Artinya, jika Indonesia hanya meraih hasil imbang atau bahkan kalah dari Filipina, mereka harus menunggu hasil pertandingan antara Vietnam dan Irak yang akan berlangsung Rabu (12/6/2024) pukul 01.00 WIB.

Shin Tae-yong, pelatih Timnas Indonesia, menekankan pentingnya kemenangan dalam pertandingan ini. "Kami tak bisa mundur dan harus lebih kerja keras," ujarnya. Hasil imbang atau kalah akan membuat seluruh pendukung Indonesia harus menanti hasil pertandingan Vietnam dengan penuh ketegangan.

Skema Lolos ke Putaran Ketiga

Jika Timnas Indonesia imbang atau kalah dari Filipina, maka kelolosan mereka bergantung pada hasil pertandingan Vietnam. Dalam skenario tersebut:

  1. Jika Vietnam menang: Indonesia tidak akan lolos ke putaran ketiga.
  2. Jika Vietnam imbang: Indonesia tetap tidak lolos karena selisih gol yang sama, namun Vietnam unggul dalam poin.
  3. Jika Vietnam kalah: Indonesia akan lolos meski hasilnya imbang atau kalah dari Filipina.

Namun, jika Indonesia dan Vietnam sama-sama imbang atau kalah, Indonesia yang akan lolos karena posisi klasemen saat ini.

Baca Juga: Prediksi Starting Lineup Timnas Indonesia Vs Filipina dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026

Kondisi Terkini Timnas dan Klasemen

Skema Timnas Indonesia untuk Lolos ke Ronde Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Gambar: google

Indonesia saat ini berada di posisi kedua Grup F dengan 7 poin dan selisih gol -2. Sedangkan Vietnam berada di urutan ketiga dengan 6 poin dan selisih gol -2 juga. Irak memimpin grup dengan 15 poin tanpa terkalahkan dalam lima laga, dan mereka akan menghadapi Vietnam di pertandingan terakhir.

Sudah ada 13 tim yang memastikan diri lolos ke putaran ketiga, dengan lima tempat lagi yang masih diperebutkan. Semua tim yang sudah lolos memiliki peringkat FIFA lebih baik dari Indonesia yang berada di peringkat 134. Selain itu, empat tim lain yang diunggulkan untuk lolos ke putaran ketiga juga memiliki peringkat FIFA lebih tinggi dari Indonesia, yaitu India (121), Suriah (89), China (88), dan Kirgistan (100).

Drawing atau undian putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia akan digelar di Kuala Lumpur, Malaysia, pada 27 Juni mendatang. Sebanyak 18 tim akan dibagi menjadi tiga grup berdasarkan ranking FIFA per 20 Juni 2024. Makin tinggi peringkat FIFA, makin tinggi pula penempatan potnya dalam undian tersebut.

Pada drawing putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022, terdapat enam pot yang masing-masing berisi dua tim, sehingga total 12 tim akan diundi. Dalam konteks ini, Indonesia harus berjuang keras untuk memastikan tempat di antara tim-tim terbaik Asia dan melanjutkan perjalanan menuju Piala Dunia 2026.

Optimisme dan Dukungan untuk Timnas Indonesia

Seluruh pencinta Timnas Indonesia sangat optimistis bahwa Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan akan melaju ke putaran ketiga. Dukungan ribuan pendukung setia di Stadion Utama Gelora Bung Karno diharapkan dapat memberikan semangat tambahan bagi para pemain.

Dengan skema yang ada, kemenangan melawan Filipina menjadi kunci utama bagi Timnas Indonesia untuk melangkah ke putaran ketiga kualifikasi. Pelatih Shin Tae-yong dan seluruh pemain harus fokus dan bekerja keras untuk memastikan hasil terbaik dalam pertandingan ini.

"Yang pasti, kami sangat optimis melaju ke putaran ketiga," tegas Shin Tae-yong. Dengan persiapan yang matang dan dukungan penuh dari suporter, Timnas Indonesia diharapkan dapat meraih kemenangan yang dibutuhkan dan melanjutkan perjuangan mereka di kualifikasi Piala Dunia 2026.

Baca Juga: Calvin Verdonk Dipastikan Bisa Perkuat Timnas Indonesia Melawan Filipina Usai Disahkan FIFA