Suporter Indonesia Bersihkan Sampah Stadion GBK Usai Laga Indonesia Vs Thailand

Suporter Indonesia membesihkan stadion GBK usai pertandingan Indonesia vs Thailand dalam laga penyisihan Grup A Piala AFF 2022, Kamis (29/12/2022).

Suporter Indonesia Bersihkan Sampah Stadion GBK Usai Laga Indonesia Vs Thailand
Suporter Indonesia bersihkan sampah stadion GBK usai laga Indonesia vs Thailand. Gambar : analisadaily.com

BaperaNews - Para suporter Indonesia mendapatkan banyak pujian setelah melakukan aksi terpuji usai pertandingan Piala AFF 2022 Indonesia vs Thailand pada Kamis (29/12) lalu di Stadion GBK.

Sekelompok suporter Indonesia membersihkan Stadion GBK (Gelora Bung Karno) Jakarta. Dengan sukarela mereka membantu Spectator Service dan Safety Marshall mengambil sampah-sampah yang berserakan di sela-sela bangku penonton.

Suporter Indonesia bergotong-royong mengambil sampah tersebut dan dikumpulkan dalam kantong-kantong plastik berukuran besar.

Dari rekaman video dan foto yang beredar di media sosial, tampak suporter Timnas Indonesia yang berada di barisan tribun atas mengambil sampah yang tertinggal di bangku penonton dan memasukkan sampah tersebut kedalam kantong besar.

Tidak hanya suporter lokal, suporter berkewarganegaraan asing juga ikut melakukan aksi tersebut sambil memakai jersey timnas Indonesia.

Namun sangat disayangkan, aksi suporter Indonesia membersihkan Stadion GBK tersebut tidak banyak diketahui masyarakat karena kasus anarkis terhadap Timnas Thailand. Tindakan tidak terpuji tersebut dilakukan saat bus timnas Thailand akan masuk ke stadion.

Baca Juga : Suporter Indonesia Serang Bus Timnas Thailand, STY: Jangan Sampai Disanksi FIFA Lagi

Dalam video yang direkam dari dalam bus terlihat sejumlah suporter Indonesia melontarkan kata-kata tidak pantas dan menggedor-gedor pintu bus. Bahkan terjadi pelemparan yang menyebabkan kerusakan.

Perwakilan PSSI melalui Divisi Pembinaan Suporter Budiman Dalimunthe menyampaikan permohonan maaf kepada Timnas Thailand mengenai tindakan tidak terpuji dari beberapa suporter Timnas Indonesia yang telah melempari kaca bus hingga retak.

Budiman Dalimunthe meminta maaf atas perilaku yang kurang menyenangkan tersebut. Disebutkan olehnya upaya pencegahan sejatinya sudah dilakukan dengan merangkul suporter agar pertandingan berjalan aman.

Meski ada insiden anarkis dari beberapa suporter Indonesia, tetapi aksi bersih-bersih ini menujukkan bahwa tidak semua suporter Indonesia punya tendensi anarkis.

Aksi positif yang dilakukan sekelompok suporter Timnas Indonesia tersebut layak mendapatkan acungan jempol. Sebab, kegiatan sukarela tersebut dilakukan dalam kondisi kecewa usai Indonesia gagal menang akibat permainan yang tidak memuaskan.

Baca Juga : Alasan Suporter Jepang Selalu Bersihkan Sampah Di Stadion Piala Dunia 2022