Sempat Jadi Sorotan, Ini Hasil Lab Kematian Cenora Harimau Alshad Ahmad

Alshad Ahmad membagikan hasil uji laboratorium terkait kematian harimau Cenora. Baca selengkapnya di sini!

Sempat Jadi Sorotan, Ini Hasil Lab Kematian Cenora Harimau Alshad Ahmad
Sempat Jadi Sorotan, Ini Hasil Lab Kematian Cenora Harimau Alshad Ahmad. Gambar: Instagram/@alshadahmad

BaperaNews - Harimau milik YouTuber terkenal, Alshad Ahmad, yang bernama Cenora meninggal pada Juli 2023. Hasil uji laboratorium menunjukkan bahwa sebagian besar organ harimau tersebut mengalami degenerasi, sehingga fungsi organ menjadi tidak efisien.

Berdasarkan hasil penelitian laboratorium yang dirilis pada Jumat (6/10), ditemukan bahwa kemunduran fungsi organ atau degenerasi menjadi penyebab utama kematian Cenora.

"Fungsinya (organ) tidak efisien lagi, biasanya karena usia, tapi bisa karena faktor lain yang tidak mesti ke umur," ungkap Alshad Ahmad pada video di kanal YouTube-nya, Jumat (6/10).

Lebih lanjut, Alshad menjelaskan berbagai faktor yang bisa menyebabkan degenerasi pada organ Cenora, di antaranya adalah infeksi, genetik, paparan obat, dan penyakit lainnya.

"Bisa jadi karena infeksi, genetik, bisa penyakit, paparan obat. Jadi, dari deskripsi histopatologi, sebagian besar organ Cenora degenerasi," lanjut Alshad.

Sebelumnya, Alshad Ahmad juga sempat membeberkan hasil tes Cenora terhadap beberapa virus. Ketika harimau tersebut mati, hasil tes menunjukkan FPV (Feline panleukopenia): negatif, CPV (Canine Parvo Virus): negatif. Informasi ini menegaskan bahwa kematian Cenora bukanlah disebabkan oleh virus-virus tersebut.

Baca Juga: Merasa Geram, Alshad Akan Laporkan Netizen yang Menuduh Bunuh Anak Harimau

Alshad juga menambahkan, dibandingkan dengan harimau peliharannya yang lain, Cenora memang memiliki daya tahan tubuh yang lemah.

"Tapi ternyata secara genetik, Cenora lebih kurang tahan terhadap suatu penyakit. Daya tahan tubuhnya di bawah normal, lemah. Jadi, kalau ada penyakit masuk atau udara jelek sedikit, dia akan sangat berpengaruh, beda dengan Teona," jelasnya.

Kematian Cenora sempat menimbulkan beragam spekulasi di kalangan netizen. Banyak yang menduga Cenora mati karena hidup bukan di habitat aslinya atau terlalu sering berbaur dengan manusia. Namun, hasil laboratorium ini membantu mengklarifikasi spekulasi tersebut dan menegaskan bahwa degenerasi organ merupakan penyebab utama kematian Cenora.

Harimau Alshad Ahmad ini memang sempat menjadi sorotan publik. Pasca kematian Cenora, Alshad sempat mendapatkan kritik dan tuduhan dari beberapa pihak. Dengan adanya hasil uji laboratorium ini, Alshad berharap masyarakat dapat memahami penyebab sebenarnya dari kematian Cenora.

Penelitian dan temuan terbaru ini diharapkan menjadi referensi dan tambahan pengetahuan bagi pecinta satwa, khususnya mereka yang memelihara hewan buas seperti harimau. Kesadaran tentang kesehatan dan pemeliharaan yang baik menjadi kunci agar hewan peliharaan tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

Sebagai pesan penutup, mari kita semua meningkatkan kesadaran dalam merawat dan memelihara hewan, baik itu hewan buas sekelas harimau ataupun hewan peliharaan lainnya, agar mereka dapat hidup sehat dan bahagia di sisi kita.

Baca Juga: Diduga Balikan, Tiara Andini Repost Foto Bareng Alshad Ahmad