Sejarah Berdirinya Tupperware yang Kini Terancam Bangkrut

Kabar kebangkrutan Tupperware membuat sejarah Tupperware kian terdengar santer di kalangan masyarakat Indonesia setelah sahamnya anjlok.

Sejarah Berdirinya Tupperware yang Kini Terancam Bangkrut
Sejarah Berdirinya Tupperware. Gambar : Unsplash.com/Dok. Estera

BaperaNews - Berpuluh - puluh tahun Tupperware berhasil mengambil hati para ibu-ibu sehingga banyak yang tergila-gila padanya dan akhirnya baru-baru ini Tupperware dikabarkan akan bangkrut.

Produk yang berasal dari Amerika Serikat ini dikenal sebagai merek wadah penyimpanan populer dengan keunggulan kualitas tinggi dan kokoh.

Tidak hanya itu saja, banyaknya variasi warna dan bentuk membuat Tupperware lebih menarik. Dari beberapa keunggulannya itulah, banyak ibu yang marah dan bahkan emosi jika sampai produk Tupperware kesayangan hilang, ketinggalan atau pun diambil orang.

Setelah melalui lika- liku sejarah yang cukup panjang, pada akhirnya sejarah Tupperware harus terhenti karena terancam bangkrut.

Kabar kebangkrutan tersebut membuat sejarah Tupperware kian terdengar santer di kalangan masyarakat Indonesia setelah sahamnya anjlok.

Diketahui dari beberapa sumber yang beredar di masyarakat luas, saham Tupperware mengalami kemerosotan setidaknya mencapai 50 persen lebih.

Dari keterangan yang diberikan oleh beberapa pihak internal Tupperware, mereka mengungkapkan bahwa tidak mempunyai cukup dana untuk mendukung kegiatan operasionalnya. Mereka bahkan ragu apakah bisa melanjutkan bisnis tersebut di masa mendatang atau harus menyerah dengan keadaan.

Untuk tetap bisa mengukir sejarah Tupperware, mereka mau tidak mau harus memilih opsi pemangkasan karyawan dengan cara PHK dan melakukan peninjauan lebih lanjut terkait kondisi portofolio real estate yang masih berjalan dalam rangka untuk membantu menghemat anggaran.

Baca Juga : Alasan Tupperware Gulung Tikar, Minat Pembeli Kurang?

Melihat kondisi Tupperware yang tidak karuan, New York Stock Exchange memberi peringatan keras, jika Tupperware tidak segera mengajukan laporan tahunan wajib, besar kemungkinan saham Tupperware akan segera dihapus.

Dirangkum dari beberapa sumber terpercaya, berikut ini informasi mengenai sejarah Tupperware yang telah dirangkum oleh Tim Redaksi BaperaNews. 

Sejarah Berdirinya Tupperware 

1. Diciptakan Pada Tahun 1946 Oleh Earl Tupper

Awal perjalanan Tupperware dimulai pada tahun 1946. Dimana Earl Tupper yang merupakan ahli kimia berhasil menciptakan wadah yang terbuat dari bahan plastik dengan ukuran ergonomis dan cenderung ringan.

Wadah yang dikenal tidak mudah pecah tersebut, ternyata terinspirasi dari desain yang digunakan pada kaleng cat dengan tingkat kerapatan yang baik.

2. Proses Penjualan Menerapkan Model Bisnis yang Unik

Akhir tahun 1948, masih banyak orang yang tidak paham bagaimana proses penggunaan wadah Tupperware. Untuk membuatnya menjadi lebih dikenal, cara pemasaran melalui pesta akhirnya dilakukan.

Ternyata, metode tersebut sukses dan berhasil menyampaikan besarnya manfaat yang ditawarkan dari produk revolusioner tersebut.

Semakin banyak orang tahu, tahun 1950 menjadi era kemajuan Tupperware yang pada akhirnya berhasil dijual di toko. Tidak berhenti disitu, konsep pemasaran yang dianggap di luar nalar pun dilakukan pada tahun 1951 yakni dengan memanfaatkan ibu-ibu rumah tangga untuk membantu memasarkannya. Metode ini pun masih berjalan hingga menjelang akhir hayat perusahaan Tupperware di tahun 2023.

Baca Juga : Tupperware Dikabarkan Akan Gulung Tikar!