Remaja 13 Tahun di AS Jadi Pemenang Tetris Pertama di Dunia

Seorang remaja asal Amerika Serikat bernama Willis Gibson berhasil menjadi orang pertama yang berhasil "menamatkan" game Tetris.

Remaja 13 Tahun di AS Jadi Pemenang Tetris Pertama di Dunia
Remaja 13 Tahun di AS Jadi Pemenang Tetris Pertama di Dunia. Gambar : Classic Tetris

BaperaNews - Seorang remaja Amerika berusia 13 tahun, Willis Gibson, mencatatkan namanya dalam sejarah sebagai orang pertama yang berhasil "menamatkan" game Tetris, meraih skor tertinggi, mencapai level maksimal, dan jumlah garis terbanyak. 

Keberhasilannya ini memaksa video game klasik Nintendo yang telah berusia lebih dari tiga dekade menampilkan "kill screen", sebuah layar yang secara konvensional mencegah pemain untuk melanjutkan permainan.

Gibson, yang dikenal sebagai streamer Blue Scuti, mengungkapkan momen epik tersebut dalam video yang diunggah ke YouTube pada 2 Januari. 

Dalam video tersebut, dia meminta game Tetris untuk "crash" saat menyusun potongan puzzle yang akhirnya membuat permainan berhenti, membuatnya berseru "Ya Tuhan!" secara berulang.

Menurut 404 Media, Gibson berhasil memecahkan rekor dunia pemenang game Tetris untuk skor keseluruhan, level yang dicapai, dan jumlah garis dalam permainan Tetris. 

Vince Clemente, CEO Kejuaraan Dunia Tetris Klasik, menyatakan kekagumannya, menyebut prestasi Gibson sebagai sesuatu yang luar biasa.

Baca Juga : Mengenal Karya Remaja Asal Bandung, Buatkan Baju untuk Billie Eilish

"Para pengembang tidak berpikir ada orang yang bisa mencapai sejauh itu, dan sekarang game tersebut secara resmi telah dikalahkan oleh manusia," ujar Clemente kepada Reuters.

Sebelumnya, hanya program komputer dengan kecerdasan buatan yang mampu mengalahkan Tetris, kata Clemente. Gibson mencapai keberhasilan ini dengan menggunakan teknik pengontrol "bergulir" yang populer pada 2021. 

Teknik ini memungkinkan pemain untuk memanipulasi papan arah atau D-pad setidaknya 20 kali per detik, jauh lebih cepat daripada metode "hyper tapping" yang sebelumnya populer.

Tetris yang pertama kali dirilis pada 1984, langsung menjadi sensasi di seluruh dunia. Dibuat oleh Alexei Pajitnov di Akademi Sains Moskow pada puncak Perang Dingin, dan dikembangkan sebagai bisnis oleh pengusaha game Henk Rogers, Tetris telah menunjukkan daya tahan yang luar biasa dari generasi ke generasi.

Baca Juga : Remaja 18 Tahun Jadi Hacker GTA 6, Kini Dipenjara Seumur Hidup di Rumah Sakit