Ramalan Instagram Melalui "2022 Instagram Trend Report" Soal Trend Yang Akan Terjadi Di Tahun 2022

Instagram membeberkan ramalan yang memprediksi trend-trend apa saja yang akan terjadi di tahun 2022 melalui "2022 Instagram Trend Report" simak informasi lengkapnya!

1.

Menjelang pergantian tahun, untuk pertama kalinya Instagram meluncurkan laporan yang berisi tentang ramalan Instagram yang akan menjadi trend di tahun yang baru melalui “2022 Instagram Trend Report”. 

Dalam laporan tersebut, Instagram merilis sejumlah Ramalan Instagram yang akan menjadi tren di tahun 2022, mulai dari digital thrift shop, konser live stream, penggunaan kosmetik berbahan “aman”, video game, hingga rumah eco-friendly. 

“Laporan ini adalah panduan anda untuk trend yang akan datang sebagaimana didefinisikan oleh Gen-Z. Trend inilah yang akan membentuk budaya pada tahun 2022,” tulis instagram dalam blog resminya. 

Ketika menyusun laporan tersebut, Instagram menggunakan prediksi dari YPulse, buat kalian yang tidak tahu YPulse,  YPulse ini merupakan sebuah lembaga riset dan insight khusus untuk Gen-Z dan Milenial. Pada bulan Oktober 2021, YPulse memprediksi sebanyak 1.200 pengguna media sosial mingguan mulai dari usia 13-24 tahun yang berbasis di Amerika Serikat.

Nah, dari hasil prediksi tersebut, Instagram menunjukkan laporan prediksi untuk tren tahun 2022 dari beberapa kategori yang diantaranya adalah kecantikan dan mode, belanja, musik dan tari, kreator, dan selebriti, pendidikan, kesehatan, gaming dan yang lainnya. 

Apa aja sih daftar Ramalan Instagram soal tren untuk tahun 2022 versi Instagram yang sudah dirangkum dan dibuat laporan lewat “2022 Instagram Trend Report”?


Berikut ini daftar tren yang termasuk dalam Ramalan Instagram untuk tahun 2022 dari  lewat “2022 Instagram Trend Report” : 

2. 1. Make Up Berbahan Aman

1. Make Up Berbahan Aman
Ilustrasi make up. Gambar: Raphael Lovaski/Unsplash.com

Dalam 2022 Instagram Trend Report, Ramalan Instagram yang pertama terdapat di kategori kecantikan (beauty), Instagram memprediksi bahwa kaum muda terutama wanita akan lebih menjadi pemilih saat ingin membeli suatu produk perawatan kulit atau yang sering disebut skincare.

Dari hasil prediksi tersebut, satu dari tiga kaum muda terutama wanita akan tertarik untuk membeli produk dan belajar lebih lanjut soal make up dan skincare yang “aman” untuk dipakai di 2022. 

Contohnya menggunakan skincare yang terbuat dari bahan dasar tanaman (plant-based),vegan make up, dan menggunakan lebih sedikit produk skincare. 

3. 2. Gaya Pakaian Yang Lebih Berani

2. Gaya Pakaian Yang Lebih Berani
Ilustrasi pakaian yang berani. Gambar: freestock/Unsplash.com

Dalam kategori fashion (mode), Ramalan Instagram memprediksi bahwa kaum muda akan lebih berani dalam gaya berpakaian di tahun 2022. Mulai dari Gen-Z hingga Milenial akan menggunakan fashion sebagai sarana kegembiraan, optimisme, dan ekspresi diri. 

Menurut prediksi dari YPulse, terdapat 50 persen remaja dan orang dewasa muda (young adult) akan mencoba bold fashion, seperti dark academia, goblincore, dan fashion nostalgic (vintage). 

4. 3. Tren Digital Thrift Shop

3. Tren Digital Thrift Shop
Ilustrasi pakaian toko loak. Gambar: cottonbro/Pexels.com

Ramalan Instagram selanjutnya dari kategori belanja yang disukai oleh kaum muda, Instagram memprediksi bahwa membeli barang dari toko loak (thrift shop) akan menjadi trend di tahun 2022. 

YPulse memprediksi sudah terdapat 23 persen atau hampir satu dari empat anak muda yang akan lebih memilih untuk membeli pakaian dari thrift shop, bukan dari toko online ritel ternama. 

Dan sudah terdapat juga sekitar 27 persen orang diprediksi akan berbelanja langsung melalui feed media sosial yang mereka punya , khususnya dari fitur belanja yang ada di dalam aplikasi media sosial. 

Instagram mengatakan kalau perilaku membeli barang dari thrift shop sebenarnya membantu keberlanjutan global (global sustainability) yakni dengan menggunakan kembali bekas atau preloved.

Selain itu juga, terdapat 24 persen anak muda yang diprediksi akan lebih berkontribusi dalam melanjutkan berpakaian (clothing sustainability) yakni dengan cara menjual pakaian bekas mereka toko online atau media sosial yang mereka.

5. 4. Akan Ada Lebih Banyak Dance Challenge

4. Akan Ada Lebih Banyak Dance Challenge
Ilustrasi tiktok dance. Gambar: ArtemPodrez/Pexels.com

Selain itu, melalui 2022 Instagram Trend Report, instagram melihat bahwa tahun 2021, aplikasi Tik Tok menjadi salah satu media sosial yang mendatangkan tantangan tarian atau yang sering disebut dance challenge yang baru dan unik. Hampir semua kalangan mempunyai Tik Tok mulai dari anak sd hingga dewasa bahkan orang tua pun ada yang mempunyai Tik Tok. 

Pada tahun 2022, menurut ramalan Instagram akan ada satu dari tiga remaja bahkan bisa lebih akan tertarik untuk melihat lebih banyak lagi dance challenge yang akan bermunculan di tahun 2022. 

6. 5. Musik Yang Menampilkan Lebih Banyak Visual

5. Musik Yang Menampilkan Lebih Banyak Visual
Ilustrasi konser virtual. Gambar: rawpixels/Freepik.com

Akibat pandemi Covid-19 semua orang jadi lebih banyak berdiam dirumah dan mulai menyukai konser secara virtual. Instagram memprediksi kalau tahun 2022 akan ada lebih banyak orang tertarik dengan musik visual dan Instagram juga prediksi bahwa terdapat 41 persen orang yang ternyata adalah kelompok penggemar (fandom) dari suatu band atau penyanyi. 

7. 6. Kreator Layaknya Seperti Selebritis

6. Kreator Layaknya Seperti Selebritis
Ilustrasi content creator. Gambar: Ivan Samkov/Pexels.com

Dimasa yang serba online ini, ramalan Instagram yang terdapat di 2022 Instagram Trend Report mengatakan kalau kreator menjadi salah satu faktor yang berhasil mempengaruhi selera orang-orang secara online. Bahkan kreator media sosial sudah bisa disebut menjadi seperti selebritis kelas atas.

Instagram mencatat  bahwa selebritis yang lahir dari media sosial (selebgram) lebih memiliki pengaruh yang besar dibandingkan selebritas "sebenarnya" seperti aktor, aktris, dan lainnya. Selain itu, influencer media sosial adalah penyebar paling penting, terlepas dari jumlah pengikut mereka.

8. 7. Menilai Ulang Soal Pendidikan Dan Karier

7. Menilai Ulang Soal Pendidikan Dan Karier
Ilustrasi berpikir. Gambar: Anthony Tran/Unsplash.com

Ramalan Instagram juga memprediksi pada tahun 2022, Gen-Z bakal lebih memikirkan ulang tujuan pendidikan dan karier yang mereka inginkan. Dalam bidang pendidikan, terdapat 90% Gen-Z  meyakini kalau pendidikan terpenting berasal dari pengalaman langsung di dunia nyata dan rata-rata akan memikirkan mahalnya biaya kuliah dan mulai mempertimbangkan untuk ambil jalan alternatif.  Dan soal karier, Gen-Z lebih memilih memiliki pekerjaan yang menghasilkan uang walaupun diberikan gaji yang lebih sedikit. 

9. 8. Lebih Banyak Bereksperimen Di Dapur

8. Lebih Banyak Bereksperimen Di Dapur
Ilustrasi memasak di dapur. Gambar: Klaus Nielsen/Pexels.com

Dalam 2022 Instagram Trend Report, Instagram prediksi bahwa kaum muda akan lebih bereksperimen di dapur mereka sendiri dan ingin mencoba memasak resep yang rumit atau memasak dengan teknik yang rumit. Sebanyak lebih dari satu orang mereka mencoba membuat sesuatu yang baru seperti memanggang roti dan kue aneh yang dibuat oleh konten kreator di media sosial. 

10. 9. Kesehatan

9. Kesehatan
Ilustrasi yoga. Gambar: Freepik.com

Dalam kategori kesehatan, ramalan Instagram membeberkan bahwa kaum muda juga akan melanjutkan trend olahraga di rumah. Selain olahraga, kaum muda juga akan mencari cara untuk menjaga kesehatannya, serta mengembangkan kreativitas mereka seperti melukis, menulis musik, dan lainnya. 

11. 10. Video Game

10. Video Game
Ilustrasi game konsol. Gambar: Jaroslav Nymbursk√Ĺ/Pexels.com

Melihat video game juga menjadi salah satu penghibur hati banyak orang selama pandemi. Dan pada 2022 Instagram Trend Report, Instagram melihat video game masih akan terus digemari dan kaum muda ingin melihat lebih banyak lagi video game yang menarik. Kebanyakan orang selama pandemi melihat siaran langsung orang lain ketika bermain game.

12. 11. Trend Meme Saham

11. Trend Meme Saham
Ilustrasi koin doge. Gambar: Executium/Unsplash.com

Ramalan Instagram melihat kalau kaum muda juga mengandalkan meme sebagai salah satu media yang digunakan untuk menghibur diri. 
"Meme, mereka adalah yang terbaik. Aku hidup untuk tertawa," kata salah satu responden survei.

Instagram mencatat, kalau anak muda tertarik pada astrologi dan meme saham pada tahun 2021. Pada tahun 2022, tren dua hal tersebut akan lebih meningkat lagi. Dari hasil prediksi , tren budaya internet populer yang diharapkan lebih banyak dilihat oleh kaum muda di tahun 2022 adalah humor absurd dan cryptocurrency.

13. 12. Aktivisme Online Terus Berlanjut

12. Aktivisme Online Terus Berlanjut
Ilustrasi media sosial. Gambar: Pixabay/Pexels.com

Selama pandemi Covid-19, kaum muda mengandalkan media sosialnya untuk menyebarkan aktivisme terkait suatu isu, pada tahun 2022, tren aktivisme secara online diprediksi masih akan terus berlanjut. Bahkan, Instagram mengatakan kalau kaum muda engga segan meluangkan waktu untuk memberikan atensi serta mengeluarkan uang mereka untuk aktivisme secara online tersebut. 

Nah itu dia 12 ramalan Instagram terkait tren-tren yang akan terjadi di tahun 2022 dan diluncurkan melalui “2022 Instagram Trend Report”.