Raja Salman Undang Umroh Gratis untuk 1000 Muslim di Dunia, Indonesia Kebagian!

Raja Salman memberikan undangan terhadap 1.000 umat Islam dari seluruh penjuru dunia untuk melaksanakan ibadah umroh secara gratis.

Raja Salman Undang Umroh Gratis untuk 1000 Muslim di Dunia, Indonesia Kebagian!
Raja Salman Undang Umroh Gratis untuk 1000 Muslim di Dunia, Indonesia Kebagian! Gambar : Dok. NBC News

BaperaNews - 1.000 umat Islam dari seluruh penjuru dunia mendapat undangan dari Raja Salman untuk melaksanakan ibadah umroh gratis di Masjidil Haram dan berziarah di Masjid Nabawi. 

Undangan ini semakin istimewa karena mendapatkan akomodasi gratis sekelas tamu kerajaan.

Indonesia, sebagai salah satu negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia, mendapatkan bagian dari undangan umroh gratis tersebut. Sebanyak 50 orang dari Indonesia berkesempatan untuk melaksanakan ibadah umroh gratis

Undangan ini diselenggarakan melalui Program Tamu Penjaga Dua Masjid Suci untuk Haji, umroh, dan Ziarah yang diinisiasi oleh Kementerian Urusan Islam, Dakwah, dan Bimbingan.

Menteri Urusan Islam, Syaikh Abdul Latif Al-Shaikh, mengucapkan terima kasih kepada Raja Salman atas kedermawanan ini. Al-Sheikh menekankan bahwa persetujuan Raja Salman adalah bukti perhatian besar penguasa terhadap Islam dan umat Muslim. 

Keputusan ini juga memperkuat ikatan persaudaraan antar umat Islam di berbagai belahan dunia, menciptakan komunikasi yang produktif dalam berbagai bidang kerja Islam.

Faisal bin Abdullah Al-Mudi, Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, menyatakan apresiasi atas dukungan Arab Saudi terhadap umat Islam di seluruh dunia, khususnya Indonesia.

Baca Juga : Arab Saudi Buat Kebijakan Umroh Baru: Boleh Gunakan Visa Kunjungan Hingga Wisata

Program umroh gratis ini dianggap sebagai wujud kebaikan dan perhatian Raja Salman serta Kerajaan Arab Saudi terhadap negara dengan mayoritas penduduk Muslim ini.

Faisal menyampaikan pernyataan ini saat acara pelepasan Jamaah umroh Tamu Undangan Raja Salman di Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta pada 2 Januari. 

Dia berharap agar perjalanan para jemaah menjadi pengalaman yang menyenangkan, dan ketika kembali ke tanah air, mereka dapat memberikan gambaran nyata tentang perkembangan dan kemajuan di Arab Saudi.

Perjalanan umroh ini, yang berlangsung dari 3 hingga 14 Januari 2024, menjadi hadiah istimewa dari Kerajaan Arab Saudi. Sebagai tambahan, Arab Saudi juga telah menjalankan program haji gratis setiap tahunnya. 

Faisal mengungkapkan bahwa siapapun dapat mengajukan diri untuk mengikuti program haji dan umroh gratis tersebut, meskipun dia tidak merinci prosedur dan syaratnya.

Salah satu jamaah, Nyayu Khodijah asal Palembang, menyatakan rasa syukurnya atas kesempatan ini. 

"Alhamdulillah mendapat kesempatan untuk umroh dari Kerajaan Arab Saudi. Hadiah yang luar biasa karena tidak semua orang mendapatkan kesempatan. Semoga bisa melaksanakan umroh dengan sempurna," ujar Nyayu.

Baca Juga : Syarat Rekomendasi Kemenag Untuk Buat Paspor Umroh Resmi Dicabut!