Presiden Jokowi Kunjungan ke Papua Nugini, Fahd Arafiq: Ini Baik Untuk Kerja Sama Ekonomi Kedua Negara

Presiden Jokowi mendorong pembahasan kerja sama ekonomi antara Indonesia dan Papua Nugini dalam kunjungan kerjanya. Simak selengkapnya!

Presiden Jokowi Kunjungan ke Papua Nugini, Fahd Arafiq: Ini Baik Untuk Kerja Sama Ekonomi Kedua Negara
Presiden Jokowi Mendorong Kerja Sama Ekonomi antara Indonesia dan Papua Nugini. Gambar : Dok.Istimewa

Bapera News - Setelah melakukan kunjungan kerja ke Australia Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melanjutkan kunjungan kerja ke Papua Nugini, Presiden Joko Widodo beserta rombongan tiba di Bandara International Jacksons, Port Moresby, Papua Nugini, pada Rabu, 5 Juli 2023 sekitar pukul 11.00 waktu setempat.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menghadiri pertemuan forum bisnis pertama antara Indonesia dan Papua Nugini (PNG) yang digelar di APEC Haus, Papua Nugini, pada Rabu (05/07).

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mendorong pembahasan PTA (preferential trade agreement) Indonesia-PNG agar kerja sama ekonomi kedua negara semakin tumbuh dan berkembang.

Ketua Umum DPP Bapera Fahd El Fouz Arafiq memberi tanggapan, setelah Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Papua Nugini pada rabu kemarin, dari kunjungan tersebut diketahui Presiden Jokowi mendorong pembahasan kerja sama ekonomi kedua negara, berharap dalam pembahasan tersebut agar terus meningkatkan kerja sama kedua negara di berbagai bidang.

“Setelah kunjungan kerja dari Australia, Presiden Joko Widodo melanjutkan kunjungan kerjanya ke Papua Nugini, diketahui dalam kunjungan Presiden Jokowi membahas kerja sama ekonomi kedua negara,  harapan saya dari kerja sama kedua negara tersebut dapat terus mendorong peningkatan diberbagai bidang ekonomi antara Indonesia dan Papua Nugini.” Ujar Fahd A Rafiq.

Dalam pembahasan forum tersebut Presiden Jokowi juga mengatakan bahwa Indonesia terbuka terhadap ketertarikan Papua Nugini (PNG) untuk mempelajari langkah-langkah Indonesia dalam melakukan hilirisasi industri produk mineral. Indonesia juga terbuka menjalin kerja sama di sektor hilirisasi dengan Papua Nugini.

Fahd A Rafiq juga juga menyampaikan dari kunjungan kerja Presiden Joko Widodo ke Papua Nugini, semoga hubungan Indonesia dan Papua Nugini terus membaik, diketahui, Presiden Jokowi juga mengatakan Papua Nugini dan Indonesia masing-masing adalah raksasa ekonomi.

Papua Nugini di Pasifik dan Indonesia di Asia Tenggara. Hubungan yang baik tersebut akan direalisasikan dalam berbagai kegiatan konkret seperti pembuatan zona ekonomi di perbatasan karena potensi nilai perdagangannya yang besar.

“Dalam pembahasan kerja sama kedua negara tersebut, semoga hubungan Indonesia dengan Papua Nugini terus membaik, kita ketahui Presiden Jokowi mengatakan bahwa Indonesia di Asia Tenggara dan Papua Nugini di Pasifik merupakan raksasa ekonomi, karena hal tersebut semoga hubungan kerja sama ini dapat terus meningkatkan diberbagai bidang terutama disektor hilirisasi Indonesia dengan Papua Nugini.” Tutup Fahd A Rafiq.

Penulis : FNID