PNS Pemkot Jambi Curi Handphone Milik Siswi SMP untuk Beli Rokok

Seorang PNS di Pemkot Jambi ditangkap karena mencuri handphone siswi SMA. Hasil curiannya dijual seharga Rp 400.000 untuk membeli rokok.

PNS Pemkot Jambi Curi Handphone Milik Siswi SMP untuk Beli Rokok
PNS Pemkot Jambi Curi Handphone Milik Siswi SMP untuk Beli Rokok. Gambar: Tangkapan layar Instagram/@Kabarjambiupdate

BaperaNews - Mardono (35), PNS di Pemkot Jambi nekat mencuri handphone milik siswi SMA di pinggir jalan Paal VI Kota Baru, Jambi. Hasil pencurian kemudian ia jual seharga Rp 400.000 untuk dipakai membeli rokok.

Mardono rupanya sudah rencanakan pencurian dengan membuntuti korban, ia tahu ponsel korban diletakkan di dasbor motor. Ketika korban lengah memarkir motor, Mardono langsung lakukan aksinya pada Selasa pagi (19/9).

“PNS curi handphone ini kemudian menjual hasil curian ke temannya Rp 400.000 sementara nilai dari HP yang dicuri Rp 3,5 juta. HP diletakkan korban di dasbor motor. Saat itulah pelaku melintas dan mengikuti korban. Ketika korban lengah sedang parkir dan turun dari motornya dipakai untuk kesempatan pencurian” terang Kasubdit 2 Jatanras Ditreskrimum Polda Jambi Kompol Aulia Nasution.

Mardono sudah ditetapkan sebagai tersangka dikenai Pasal 362 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 6 tahun penjara. Pelaku juga akan dites urin untuk mengetahui yang bersangkutan positif narkoba atau tidak.

“Tes urin masih kita lakukan, semoga hasilnya keluar dalam satu hari ini. Begitu mengambil ponsel, pelaku langsung menjual hasil curiannya ke pasar Talang Gulo . Sekarang proses masih berjalan. Pemeriksaan masih berlangsung, pelaku sudah diamankan. Dalam BAP motif pelaku karena masalah ekonomi, dia mengaku juga baru pertama kali melakukan ini” pungkas Kompol Aulia. 

Baca Juga : Letkol TNI Gadungan di Depok Tipu PNS Rp 38 Juta

Sempat Viral di Medsos

PNS curi handphone sempat viral di medsos. Dalam video 40 detik yang beredar nampak dengan jelas pelaku mengambil ponsel dari dasbor motor yang diparkir.

“Kalau dilihat dari CCTV itu ada pria berseragam pemerintah, ada PNS curi handphone keponakan saya yang ditaruh di dasbor motor. Kejadiannya pagi pas mau berangkat sekolah mampir sebentar ke toko” terang Irman, paman korban.

Usai video viral, polisi bergerak lakukan pencarian. Mardono mengaku khilaf dan nekat mencuri karena masalah ekonomi

“Tim langsung ke kantor yang diduga menjadi tempat kerja pelaku dan benar saja pelaku adalah PNS Disperindag Pemkot Jambi. Tim langsung koordinasi dengan Pemkot Jambi agar datangkan pelaku untuk dimintai keterangan. Katanya khilaf, bantu-bantu buat beli rokok” tandas Kanit Resmob Polda Jambi Iptu June Sianipar.

@baperanews.com Oknum PNS di Jambi Terekam CCTV Curi HP Siswi SMA Peristiwa tersebut terjadi di depan warung kawasan Pal 6 Kecamatan Kota Baru, Jambi, Selasa (19/9/2023). Pria yang kini tengah viral tersebut rupanya merupakan staff di dinas Pemerintah Kota Jambi. Kasubdit 2 Jatanras Ditreskrimum Polda Jambi, Kompol Aulia Nasution mengatakan oknum PNS bernama Mardono (35) itu kini telah berhasil diamankan pada Rabu (20/9/2023). Dikatakan Kompol Aulia, Mardono rupanya telah membuntuti siswi SMA tersebut sebelum melancarkan aksinya. Usai melancarkan aksinya, Mardono kemudian menjual HP curian itu kepada temannya. #viral ♬ Loh Eh Eh Kocak - Ari Rubiyanto

Baca Juga : PNS Akan Terima Gaji Tunggal Tanpa Tunjangan Melekat