3 RT Di Kawasan Jakarta Barat Tergenang Banjir

BPBD mencatat Sebanyak 3 RT di Jakarta Barat pagi ini dilanda banjir, ini penyebab dan kawasan yang dilanda banjir !

3 RT Di Kawasan Jakarta Barat Tergenang Banjir
3 RT banjir saat pagi hari di kawasan Jakarta Barat. Gambar : Unsplash.com/Jonathan Ford

BaperaNews - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta pada pagi hari ini Sabtu (28/05) mencatat bahwa sebanyak 3 RT di kawasan Jakarta Barat tergenang banjir.

Dikutip dari laporan BPBD, bahwa informasi saat ini terdapat 3 RT atau 0,010 persen dari 30.470 RT yang ada di DKI Jakarta.

Diketahui, 3 RT yang tergenang banjir tersebut berada di Kelurahan Kalideres yang memiliki ketinggian air sekitar 40 cm. BPBD melaporkan bahwa genangan tersebut terjadi akibat adanya curah hujan yang tinggi dan juga akibat luapan Kali Semongol.

Akan tetapi, BPBD tidak melaporkan informasi terkait jumlah kepala keluarga yang terdampak. Namun, dilaporkan kondisi genangan tersebut tengah ditangani oleh berbagai pihak terkait.

BPBD melaporkan bahwa kondisi genangan tersebut sedang ditangani oleh DSDA, Damkar dan juga PPSU Kelurahan. Genangan tersebut ditargetkan akan surut dalam waktu cepat.

Sementara itu, mengutip unggahan di akun twitter BPBD DKI, dilaporkan bahwa terdapat sejumlah daerah di Jakarta yang berpotensi mengalami hujan sedang-lebat yang disertai kilat/petir dan angin kencang pada pagi hari ini. 

Di sisi lain, hujan juga turun di wilayah Tangerang pada Sabtu Pagi (28/5) yang menyebabkan terjadinya genangan air di berbagai ruas jalan.

Salah satunya yakni terlihat di ruas jalan Tol JORR Pamulang menuju Serpong. Diketahui, ruas jalan tol tersebut pada pagi ini tergenang air, sehingga mengakibatkan kemacetan. Kutip keterangan resmi dari PT Jasa Marga (Persero).

Baca Juga : BMKG : Banjir Rob Pesisir Disebabkan Fenomena Perigee

PT Jasa Marga memberi informasi melalui akun Twitternya @PTJASAMARGA, Sabtu (28/5), menjelaskan bahwa pada pukul 08.36 WIB #Tol_JORR_W2S Pamulang KM 07+600 - KM 09 arah Serpong PADAT dan ada penanganan genangan air. GUNAKAN JALUR ALTERNATIF.

Selain itu, Satuan Lalu Lintas Bandara Soekarno-Hatta juga melaporkan bahwa Jalan Underpass Perimeter Selatan Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, tidak dapat dilalui oleh pengendara akibat adanya genangan air. Kini, ruas jalan tersebut masih berada dalam penanganan petugas.

Dalam pernyataannya pada hari Sabtu (28/5) melalui akun Twitter @Satlantas_bsh, Satuan Lalu Lintas Bandara Soekarno-Hatta menginformasikan kepada masyarakat, karyawan, ataupun pengguna jasa Bandara Soekarno-Hatta bahwa, Underpass Perimeter selatan saat ini tidak bisa di lintasi akibat banjir pasca hujan, dan saat ini sedang dalam penanganan petugas.

Bahkan, laporan genangan banjir juga terjadi di Perumahan Roswood Garden Tangerang Selatan pagi ini akibat terjadinya hujan deras. Ruas jalan tersebut tergenang usai diguyur hujan deras sejak pukul 07.20 WIB, sebagaimana dikutip dari akun Twitter Radio Elshinta.