Nama Lisa BLACKPINK Menjadi Nama Spesies Bunga Baru di Thailand

Nama spesies bunga baru di Thailand mengambil dari nama salah satu member dari girl band K-POP populer BLACKPINK yaitu Lisa.

Nama Lisa BLACKPINK Menjadi Nama Spesies Bunga Baru di Thailand
Nama Lisa BLACKPINK Menjadi Nama Spesies Bunga Baru di Thailand. Gambar : Tangkapan Layar Instagram @lalalalisa_m

BaperaNews - Di Thailand, ditemukan adanya spesies tanaman baru. Menariknya, spesies baru tersebut diberi julukan nama yang tak biasa, yakni mengambil dari nama salah satu member dari girl band K-POP populer BLACKPINK yang notabene berasal dari Thailand Lisa.

Sebelumnya, diketahui bahwa spesies tanaman baru berhasil diidentifikasi dan ditemukan oleh sekelompok peneliti yang berasal dari Fakultas Sains Universitas Chiang Mai Thailand.

Spesies baru yang dimaksud masih termasuk dalam famili bunga dengan aroma harum bernama Friesodielsia Steenis. Habitat famili bunga ini banyak ditemukan di daerah Narathiwat yang berada di Provinsi paling selatan dari negeri Gajah Putih.

Selama ini, memang diakui kurang adanya eksplorasi dengan cara penyelidikan morfologi sehingga spesies tanaman ini baru ditemukan.

Setelah berhasil ditemukan, nama ilmiah tanaman baru ini ditetapkan Friesodielsia lalisae. Dimana dijelaskan memang benar adanya bahwa penamaan tersebut mengambil dari nama member Lisa BLACKPINK yang berasal dari Thailand, Lalisa Manoban. 

Baca Juga : Taeyang BIGBANG Dikabarkan Akan Kolaborasi Dengan Lisa BLACKPINK

Alasan Nama Lisa BLACKPINK Digunakan Sebagai Nama Spesies Tanaman Baru

Nama Lisa BLACKPINK yang digunakan sebagai penamaan spesies tanaman baru ini dengan alasan pihak peneliti bernama Anissara Damthongdee yang merupakan mahasiswa S3 karena ia merupakan penggemar beratnya.

Yang membuat miris, meski penentuan nama tersebut menuai kontroversi, ternyata spesies tanaman baru tersebut terancam punah, sehingga sangat perlu adanya upaya konservasi lebih lanjut.

Morfologi Friesodielsia lalisae

Pada penjelasan yang disebutkan di dalam jurnal BioOne, morfologi bunga Friesodielsia lalisae mempunyai kelopak luar pada bagian luar yang terpisah. Fakta tersebut diketahui saat bunga sedang mekar dan mempunyai bagian dasar bunga berbentuk cekung.

Sedangkan untuk spesies Friesodielsia bergenus lain, diketahui mempunyai bagian dasar bunga berbentuk datar.

Friesodielsia lalisae diilustrasikan dan digambarkan nyaris mirip dengan Friesodielsia argentea Steenis dan Friesodielsia glauca secara morfologis. Hanya saja terdapat perbedaan antara keduanya yang terletak pada kelopak daunnya.

Jika diperhatikan, ukuran kelopak daun Friesodielsia lalisae yang berada pada bagian luar memiliki ukuran yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan yang berada pada bagian dalam.

Karakteristik lain yang ditunjukkan oleh Friesodielsia lalisae adalah bulu – bulu halus dan padat ditemukan pada bagian ranting muda. Sementara untuk bentuk dari tangkai bunga, cenderung lebih pendek.

Tanaman yang menggunakan nama Lisa BLACKPINK menjadi nama spesies bunga baru merupakan tanaman endemic yang banyak ditemukan di Provinsi Narathiwat, Thailand.

Baca Juga : BLACKPINK Jadi Headliner Coachella 2023!