Mulai Hari Ini, 16 - 20 Agustus Polisi Terapkan Ganjil Genap di Puncak Bogor

Mulai tanggal 16-20 Agustus 2023, Satlantas Polres Bogor akan menggelar Rekayasa lalu lintas ganjil genap Puncak Bogor

Mulai Hari Ini, 16 - 20 Agustus Polisi Terapkan Ganjil Genap di Puncak Bogor
Mulai Hari Ini, 16 - 20 Agustus Polisi Terapkan Ganjil Genap di Puncak Bogor. Gambar: Kompas/Dok. Afdhalul Ikhsan

BaperaNewsRekayasa lalu lintas ganjil genap Puncak Bogor akan diterapkan oleh Satlantas Polres Bogor mulai hari Rabu hingga Minggu (16-20/8) untuk mengurangi kemacetan mengingat 17 Agustus 2023 ialah hari libur nasional HUT RI ke-78.

“Mengingat besok hari Rabu (16/8) adalah satu hari jelang hari libur nasional, kita lakukan pemeriksaan ganjil genap mulai sore harinya. Kemudian di hari Jumat juga satu hari menjelang weekend sehingga kita juga lakukan ganjil genap Puncak Bogor. Jadi kemungkinan diterapkan sampai hari Minggu” kata KBO Satlantas Polres Bogor Iptu Ardian Novianto hari Selasa (15/8).

Kepolisian memprediksi akan ada kenaikan jumlah kendaraan sepanjang libur nasional kemerdekaan RI ini, sebab itu pihaknya merasa perlu melakukan rekayasa lalu lintas untuk mengurangi kepadatan kendaraan dan kemacetan.

“Kita belum bisa pastikan, tapi sekitar Jumat dan Sabtu itu diperkirakan arus lalu lintas ke arah Puncak akan tinggi” imbuhnya.

Selain menerapkan rekayasa lalu lintas ganjil genap Puncak Bogor, Satlantas Polres Bogor juga terjunkan 86 personel kepolisian untuk mengatur lalu lintas di Puncak serta ada bantuan dari Satpol P, Shabara, BPBD, hingga Dinas Perhubungan setempat.

Baca Juga : Kabur Bersama Pacar, Ibu di Jakut Pura-Pura Mati Demi Putrinya Mau Pulang

Ganjil genap Puncak Bogor diterapkan mulai hari ini Rabu (16/8) sore hari hingga hari Minggu (20/8) mendatang, diharap masyarakat memahami dan mematuhinya.

Sistem ganjil genap yang diterapkan ditambah dengan sistem one way atau satu arah dengan penerapan kondisional sesuai situasi lalu lintas yang ada di lapangan.

Ardian menghimbau agar masyarakat yang hendak atau turun dari Puncak Bogor agar memperhatikan pelat nomor kendaraannya telah sesuai dengan aturan ganjil genap Puncak Bogor agar tidak diputarbalikkan oleh petugas.

Ardian juga menghimbau agar kendaraan diperiksa terlebih dahulu dan dipastikan fit agar mencegah mogok yang jelas bisa beresiko kemacetan serta mengganggu kendaraan lainnya.

“Betul, ada tambahan one way, ini kondisional. Melihat situasi peningkatan arus kendaraan yang datang dari Jakarta ke Puncak dan sebaliknya. Pastikan kendaraan yang melaju ke Puncak dalam kondisi prima, cek dulu sebelum  berangkat supaya tidak mogok, periksa juga surat-suratnya lengkap dan selalu tertib berlalu lintas untuk keselamatan bersama” pungkas KBO Satlantas Polres Bogor Iptu Ardian Novianto.

@baperanews.com Catat! Ganjil Genap di Jalur Puncak Bogor Berlaku Besok hingga Minggu. #baperanews #puncak #oneway ♬ original sound - Fujiiian

Baca Juga : Paskibra Trikora Papua Ditembaki KKB saat Latihan Upacara