Mulai 1 November 2021, Whatsapp Tidak Akan Bisa Dipakai Di Android dan iPhone Ini

Mulai 1 November, Whatsapp tidak bisa digunakan di beberapa hanphone Android dan Iphone yang menggunakan sistem operasi lama

Mulai 1 November 2021, Whatsapp Tidak Akan Bisa Dipakai Di Android dan iPhone Ini
Gambar : Rawpixel

BaperaNews - Mulai 1 November 2021, Whatsapp akan menghentikan dukungannya terhadap sistem operasi yang sudah lama seperti Android 4.0.4 (Ice Cream Sandwich) dan iOS 9.

Hal itu berarti smartphone yang masih menggunakan kedua sistem operasi tersebut tak akan bisa lagi untuk menggunakan aplikasi WhatsApp mulai 1 November 2021.

Dalam website resminya, WhatsApp menjelaskan persyaratan untuk bisa menggunakan WhatsApp yaitu Smartphone Android minimal menggunakan OS 4.1 (Jelly Bean) atau diatasnya. 

Sementara itu, bagi pengguna iPhone harus memperbarui iOSnya ke iOS 10 atau diatasnya agar tetap dapat menggunakan aplikasi WhatsApp.

Lalu bagaimanakah caranya untuk mengetahui apakah sistem operasi di smartphone kamu masih bisa mendukung penggunaan WhatsApp? Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

Bagi para pengguna Android yang ingin mengecek sistem operasi perangkatnya dapat dilakukan dengan cara berikut :

  • Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu masuk ke menu Setting/Pengaturan.
  • Lalu klik menu About Phone/Tentang Telepon
  • Kemudian klik Software Information/Informasi Perangkat Lunak, nah dari situ maka akan terlihat versi Android kamu.

Apabila versi OS kamu berada di bawah 4.1, maka otomatis smartphone kamu sudah tidak bisa lagi menggunakan aplikasi Whatsapp mulai 1 November 2021 nanti.

Selain itu, kamu juga dapat mengecek apakah sistem operasi Android kamu masih bisa melakukan update atau tidak. Apabila masih bisa, maka pastikan kamu meng-update software kamu ke versi yang terbaru.

Jika setelah di-update ternyata versi OS di atas Android 4.4 (misalnya Android 4.4 atau yang lebih baru), smartphone bisa dipakai untuk mengakses WhatsApp.

Sementara itu, bagaimanakah cara untuk mengecek apakah iPhone kamu masih bisa mengakses WhatsApp atau tidak? Berikut ini adalah cara mengecek sistem operasinya :

  • Langkah awal yaitu masuk ke menu Setting/Pengaturan
  • Setelah itu pilih General/Umum.
  • Kemudian klik About/Mengenai.
  • Setelah itu akan terlihat versi perangkat kamu. Apabila versi iOS kamu adalah iOS 9, maka iPhone kamu tidak bisa lagi untuk mengakses WhatsApp. Akan tetapi, apabila IOS kamu 10 atau sudah diatasnya, maka iPhone kamu tetap bisa menggunakan aplikasi Whatsapp.

Sama seperti Android, iPhone pun dapat memperbarui versi iOS perangkat mereka ke versi terbarunya.

Apabila versi iOS setelah diperbarui memperlihatkan iOS sudah 10 keatas, maka smartphone pun masih dapat digunakan untuk mengakses WhatsApp.

iPhone 5, 5C, 5S, 6, 6 Plus, 6S, 6S Plus, dan SE masih bisa di-update hingga iOS di atas 10. Oleh karenanya, perangkat ini masih bisa mendapatkan akses WhatsApp.

Pengguna perlu memastikan perangkatnya sudah diperbarui ke sistem operasi terbaru.