Motor Listrik Gesits Buatan Indonesia Diekspor Ke Senegal

Untuk pertama kalinya motor listrik gesits buatan indonesia diekspor ke senegal. Namun, belum diketahui volume ekspor kali ini dan diklaim hanya 1 kontainer yang berisikan Gesits. 

Motor Listrik Gesits Buatan Indonesia Diekspor Ke Senegal
otomotif.kompas.com

BaperaNews - Untuk pertama kalinya, motor listrik Gesits masuk ke pasar ekspor dengan negara tujuan senegal. Namun, belum diketahui volume ekspor kali ini dan diklaim hanya 1 kontainer yang berisikan Gesits. 

Diketahui, terjadinya ekspor motor listrik Gesits ini setelah anak perusahaan WIKA yaitu Wika Industri dan Konstruksi (WIKON) telah mengakuisisi 100 persen saham produsen motor listrik Gesits.

Oleh karena itu, perusahaan sepenuhnya mengambil alih saham milik PT Gesits Technologies. Diketahui, acara seremonial ekspor motor listrik Gesits ini diselenggarakan pada pekan lalu di Kawasan Industri WIKA, Cileungsi, Bogor.

Samyarto selaku Direktur Utama WIKA Industri Manufaktur (WIMA) menyampaikan ekspor motor listrik Gesits perdana dilakukan usai pada Juni 2021 dilakukan peluncuran resmi Gesits di Senegal oleh Duta Besar RI Dakar.

Pada Senin (18/10), Samyarto menjelaskan hal itu juga membuktikan bahwa GESITS merupakan produk yang unggul dan berkualitas dikelasnya.

Diketahui, produk Gesits ini memiliki 162 komponen dengan rincian 85 persen komponen diproduksi di dalam negeri yang dipasok oleh 24 perusahaan dan 5 diantaranya BUMN. Saat ini, Nilai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) telah mencapai 46,73 persen.

Motor tersebut telah dilengkapi dengan tenaga puncak 5 kW dan juga menggunakan baterai Lithium NCM dengan kapasitas 1.44 KWh.

Diketahui bahwa dalam penggunaan 2 baterai dinyatakan bahwa motor ini dapat melaju hingga 100 kilometer per satu kali pengisian daya. Sementara itu, waktu pengisian daya antara 3 sampai 4 jam dengan 30 min pertama dapat menempuh jarak selama 10 Km.

Kemudian Samyarto berkata bahwa pencapaian ini tak lepas dari adanya dukungan oleh banyak pihak, salah satunya yaitu dukungan dari Kementerian Luar Negeri Indonesia khususnya Kedutaan Besar RI di Dakar, yang telah mempromosikan Gesits di kawasan Afrika Barat.

Samyarto menambahkan bahwa nanti pada awal Desember 2021, KBRI Dakar akan memanfaatkan momen kedatangan motor listrik Gesits ini pada acara pameran dagang terbesar di Senegal (FIDAK).