Menjelang Lengser, Jokowi Datangi SD Hingga SMA-nya di Solo

Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan ke sekolah-sekolah masa kecilnya di Solo, memberikan bingkisan kepada siswa dan sembako kepada warga.

Menjelang Lengser, Jokowi Datangi SD Hingga SMA-nya di Solo
Menjelang Lengser, Jokowi Datangi SD Hingga SMA-nya di Solo. Gambar : Dok. Setkab

BaperaNews - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan ke Solo, Jawa Tengah, pada Sabtu (12/10), menjelang akhir masa jabatannya sebagai presiden.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi menyempatkan diri untuk napak tilas ke tiga sekolah yang pernah menjadi tempatnya menuntut ilmu saat kecil, yakni SD Negeri Tirtoyoso 111 Gilingan Surakarta, SMPN 1 Surakarta, dan SMAN 6 Surakarta. Kunjungan ini dilakukan H-8 sebelum masa jabatannya resmi berakhir.

Jokowi tiba di SD Negeri Tirtoyoso 111 Gilingan, Solo pada pukul 08.15 WIB. Kedatangan presiden ini disambut dengan meriah oleh para guru dan siswa sekolah tersebut.

Setibanya di sekolah, Jokowi langsung masuk ke beberapa ruang kelas untuk menyapa para siswa dan bernostalgia dengan masa kecilnya di sekolah tersebut.

Presiden Jokowi, yang merupakan alumni SD Negeri Tirtoyoso angkatan 1973, memanfaatkan kunjungan tersebut untuk bertemu dengan salah satu teman sekelasnya sewaktu masih SD.

Selain itu, beliau juga sempat memberikan bingkisan berupa tas sekolah dan alat tulis kepada seluruh siswa yang hadir.

Kepala Sekolah SD Negeri Tirtoyoso 111 Gilingan, Leliy Maria, menyampaikan bahwa setiap siswa, yang berjumlah total 152 orang, menerima bingkisan dari Jokowi.

Baca Juga: Setelah Pensiun dari Presiden, Jokowi Akan Bawa Koleksi Kambing ke Solo

"Tadi beliau (Jokowi) bertemu teman seangkatan waktu SD, satu kelas. Beliau juga memberikan bingkisan berupa tas dan alat tulis untuk semua siswa, dengan total siswa sebanyak 152 orang," kata Leliy, Sabtu (12/10).

Tak hanya memberikan bingkisan kepada siswa, Jokowi juga memberikan oleh-oleh berupa kain batik kepada para guru di sekolah tersebut sebagai bentuk penghargaan.

Momen ini juga diabadikan dengan sesi foto bersama antara Jokowi, para guru, dan siswa SD Negeri Tirtoyoso.

Kepala sekolah, Leliy Maria, menambahkan bahwa kunjungan Jokowi ke sekolah ini merupakan yang pertama kalinya sejak beliau menjabat sebagai Presiden Indonesia.

Pihak sekolah mendapatkan konfirmasi resmi terkait kunjungan ini sehari sebelumnya, yaitu pada Jumat (11/10). Leliy juga bercerita bahwa Jokowi sempat mengomentari beberapa perubahan di sekitar lingkungan sekolah yang sudah banyak berbeda sejak masa kecilnya.

"Pak Jokowi tadi juga masuk ke kelas IV dan V, melihat sekitar sekolah, dan beliau sempat mengenang warung yang dulu berada di seberang sekolah, tapi sekarang sudah pindah," jelas Leliy.

Setelah sekitar 30 menit berada di SD Negeri Tirtoyoso, Jokowi melanjutkan kunjungannya ke SMPN 1 Surakarta. Namun, kunjungan tersebut berlangsung secara tertutup, dan tidak banyak informasi yang dapat diperoleh dari lokasi tersebut.

Selama kunjungannya di Solo, Jokowi juga menyempatkan diri untuk membagikan sembako dan amplop kepada warga sekitar dan para pengayuh becak sebelum meninggalkan lokasi SD Negeri Tirtoyoso.

Aksi bagi-bagi sembako ini menambah antusiasme masyarakat yang hadir di sekitar lokasi kunjungan. Sementara itu, para awak media hanya diizinkan mengambil gambar dari luar gerbang sekolah saat Jokowi melakukan kunjungannya di SD Negeri Tirtoyoso.

Kunjungan Jokowi ke Solo ini dipandang sebagai bagian dari napak tilas masa kecilnya sebelum meninggalkan jabatan sebagai Presiden Republik Indonesia. 

Baca Juga: Presiden Jokowi Resmikan Istana Negara IKN, Prabowo Resmikan Istana Garuda