Mengenang Perjalanan Karir Aktris Lawas Nani Wijaya

Artis senior legendaris Indonesia, Nani Wijaya meninggal dunia pada hari ini, Kamis (16/3) diusia 78 tahun.

Mengenang Perjalanan Karir Aktris Lawas Nani Wijaya
Nani Wijaya Meninggal Dunia. Gambar : Instagram.com/@cahyakamila88

BaperaNews - Artis senior legendaris Indonesia Nani Wijaya tutup usia pada hari ini, Kamis (16/3) di umur ke-78 tahun,. Kabar Nani Wijaya meninggal dunia dikonfirmasi langsung oleh anak Nani, Cahya Kamila.

“Innalillahiwainnailaihirojiun. Telah meninggal dunia ibunda kami tercinta Hj Nani Wijaya di RS Fatmawati pada hari ini Kamis (16/3) pukul 03.28 WIB, Mohon doanya dan mohon dimaafkan segala kesalahan baik sengaja maupun tidak disengaja” tulis Cahya Kamila di akun Instagramnya.

Nani Wijaya meninggal dunia karena penyakit sesak nafas. Nani Wijaya telah dirawat di rumah sakit sejak 1 Maret 2023. Selama dirawat di rumah sakit, kondisi Nani  Wijaya terus menurun, Nani Wijaya harus memakai alat bantu untuk makan dan alat bantu pernapasan.

Nani Wijaya akan dimakamkan pada hari ini Kamis (16/3) di TPU Karang Tengah Sentul. Jenazah Nani Wijaya sebelumnya dimandikan di Rumah Duka kawasan Bekasi, Bogor.

Perjalanan Karir Nani Wijaya

Nani Wijaya ialah artis senior terkenal di Indonesia. Nani lahir di Cirebon pada 10 November 1943, ia telah terjun di dunia artis sejak tahun 1960. Film pertama yang ia bintangi ialah Darah Tinggi di Tahun 1960 yang digarap Lilik Sudijo.

Baca Juga : Kabar Duka, Emak Bajaj Bajuri, Nani Wijaya Meninggal Dunia

Nani Wijaya kemudian tampil di film lainnya seperti Lereng Gunung Kawi (1961), Di Balik Tjahaja Gemerlapan (1966), dan Menyusuri Jejak Berdarah (1967). Nani Wijaya juga terus berkarya di tahun-tahun berikutnya pada 1970, 1980, hingga 1990 an.

Nani Wijaya tak lekang oleh waktu, semakin bertambah usianya, tidak membuatnya berhenti berkarir. Ia terus terlibat dalam insan perfilman dan sinetron tanah air. Sejak tahun 1995 ia muncul di berbagai sinetron populer Indonesia.

Beberapa nama sinetron Nani Wijaya yang terkenal ialah Wah Cintaku (2001), Bajaj Bajuri (2002) Si Cecep (2004), kemilau Cinta Kamila (2010, dan Tukang Bubur Naik Haji (2012).

Perjalanan karir Nani Wijaya di dunia entertainment yang terus cemerlang membuatnya mendapat julukan sebagai Golden Girl Film Indonesia. Nani Wijaya sendiri telah menikah dengan almarhum Misbach Yusa pada tahun 1969-2012. Nani Wijaya telah memiliki enam anak termasuk artis Cahya Kamila dan almarhum Sukma Ayu.

Nani Wijaya kemudian menikah lagi dengan Ajip Rosidi pada tahun 2017, namun Ajip meninggal dunia di tahun 2020. Nani Wijaya bukan sekedar artis senior, performanya selalu berkesan di hati masyarakat, selalu tampil bagus sejak ia belia hingga ketika berakting sebagai emak-emak.

Selamat jalan Nani Wijaya, semoga mendapat tempat terbaik disisiNya.

Baca Juga : Istri Moeldoko Meninggal Dunia, Koesni Harningsih Dimakamkan di TMP Bahagia