Mengenal Dito Ariotedjo, Menpora Baru Sekaligus Menteri Termuda Di Kabinet Jokowi

Dito Ariotedjo resmi dilantik sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) oleh Presiden Jokowi di Istana Negara pada Selasa (3/4).

Mengenal Dito Ariotedjo, Menpora Baru Sekaligus Menteri Termuda Di Kabinet Jokowi
Mengenal Dito Ariotedjo, Menpora Baru Sekaligus Menteri Termuda Di Kabinet Jokowi. Gambar : Instagram/@ditoariotedjo

BaperaNews - Dito Ariotedjo resmi dilantik sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) oleh Presiden Jokowi di Istana Negara pada Selasa (3/4).

Dito menjadi menteri paling muda di Kabinet Indonesia Maju. Pelantikan diawali dengan nyanyian lagu Indonesia Raya, juga bersamaan dengan pelantikan Kepala BNPT baru serta pembacaan sumpah Wakil Ketua MA Sunarto. Dito menggantikan Menpora sebelumnya Zainuddin Amali yang mengundurkan diri karena ingin fokus di sepakbola.

Acara pelantikan Dito Ariotedjo kemudian berlanjut dengan pembacaan surat keputusan Presiden Jokowi tentang pengangkatan Menpora masa periode jabatan 2019-2014 dan sumpah jabatan.

“Demi Allah saya bersumpah akan setia pada UUD 1945 dan menjalankan peraturan perundang-undangan selurus-lurusnya demi dharma dan bakti saya kepada bangsa” bunyi cuplikan sumpah jabatannya yang dibaca Jokowi dan diikuti oleh Dito.

Dalam pelantikan turut hadir Ketua MA Muhammad Syarifuddin, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Ketua MK Anwar Usman, Menko PMK Muhadjir Effendy, Kapolri Jenderal Listyo Sigit, hingga Panglima TNI Laksamana Yudo Margono. Berikut telah dirangkum profil Dito Ariotedjo oleh Tim Redaksi Bapera News.

Baca Juga : Menpora, Zainudin Amali Resmi Ajukan Surat Pengunduran Diri Ke Presiden

Profil Dito Ariotedjo

Dito Ariotedjo ialah kader muda Partai Golkar. Dito baru berumur 32 tahun, lahir pada 25 September 1990 di Jakarta. Meski masih muda, Dito sudah memiliki jabatan mentereng, diantaranya sebagai Ketum DPD Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI).

Dito lulusan dari Fakultas Hukum Universitas Indonesia, selama kuliah Dito juga aktif di organisasi BEM FH UI, Sekjen Gerakan Mahasiswa Pembaharuan, Ketua HIPMI Jaya, Pengurus ISSI DKI Jakarta, hingga HMI Komisariat Hukum UI.

Dito juga seorang pengusaha dan mengenal berbagai tokok Indonesia seperti artis Raffi Ahmad. Dito saat ini juga menjabat sebagai Chairman RANS Nusantara FC dan bagian dari RANS PIK Basketball Indonesia.

Di dunia politik, Dito memulai karir dari usia muda, mulai 26 tahun, menjadi Ketum DPP AMPI dan Ketua DPP Golkar bidang Inovasi Sosial dan Ormas.

Tak hanya aktif di partai, Dito selama ini ternyata juga menjadi salah satu anggota tim ahli Menko Perekonomian. Dito kini resmi tercatat menjadi Menpora baru dan menteri termuda di Kabinet Indonesia Maju.

Dito : Baru Tahu Jadi Menpora Sehari Sebelum Dilantik

Dito mengaku ia baru diberitahu terpilih sebagai Menpora baru hanya sehari sebelum dilantik, ia diberitahu lewat telepon. “Baru kemarin. Kemarin sudah sama keluarga puas-puasin, InsyaAllah habis dilantik sudah mau fokus untuk negara” tutur Dito usai pelantikan.

Selamat Dito Ariotedjo dilantik Jokowi sebagai Menpora baru, semoga bisa menjabat sebagai Menpora yang amanah dan membawa kemajuan untuk semua bidang olahraga Indonesia!

Baca Juga : Jokowi Bakal Lantik Dito Ariotedjo Sebagai Menpora Hari Ini, Gantikan Zainudin Amali