MagSafe iPhone Bakal Bisa Dipakai HP Android

Wireless Power Consortium (WPC) dan Apple sedang mengerjakan standar baru Qi yang bernama Qi2 untuk charger wireless berbasis MagSafe yang bisa dipakai untuk HP Android.

MagSafe iPhone Bakal Bisa Dipakai HP Android
MagSafe iPhone bakal bisa dipakai HP Android. Gambar : Dok. Apple

BaperaNews - Saat ini telah tersedia berbagai pengisian baterai ponsel secara nirkabel, misalnya MagSafe untuk iPhone dan Qi. Nantinya, akan ada standar charger wireless berbasis MagSafe yang bisa dipakai untuk HP Android.

Saat ini Wireless Power Consortium (WPC) mengerjakan standar baru Qi yang bernama Qi2. Apple, induk perusahaan iPhone, dilibatkan dalam pengembangan standarnya. Pada acara CES 2023, WPC mengumumkan bahwa Qi2 dibuat dengan bantuan Apple.

Tujuannya untuk meningkatkan interoperabilitas dan efisiensi teknologi, termasuk menerapkan Magnetic Power Profile yang jadi inti standarnya.

Jika Magnetic Power Profile ini bisa berfungsi dengan baik sebagaimana MagSafe iPhone, maka aksesoris Qi2 nantinya bisa dipasang secara sempurna di semua ponsel yang mendukung, sehingga bisa mempercepat pengisian daya dan meningkatkan efisiensi energi.

Tentunya, sebab pengembangan Qi2 dilakukan bersama Apple, Qi2 ini standarnya juga berfungsi seperti MagSafe iPhone, demikian dilansir dari 9to5Mac pada Rabu (4/1).

Baca Juga : Terungkap! Sensor Kamera iPhone Buatan Sony

Sebagai informasi, MagSafe sebenarnya juga mendukung standar Qi yang dipakai di Android, namun daya terbesarnya hanya 7,5 watt.

Sedangkan jika dipakai untuk iPhone, MagSafe bisa sampai 15 watt, fungsi magnet di MagSafe saat ini belum bisa dipakai di Android, kecuali jika pengguna menambah perangkat atau aksesoris tambahan di bodi belakang ponselnya.

“Konsumen dan ritel seringkali mengeluh ketika mereka bingung dengan perangkat apa yang bisa mendukung Qi dan ada yang mengklaim perangkatnya mendukung Qi tapi tidak tersertifikasi Qi. Maka kebingungan ini membuat pengalaman pengguna buruk dan bahkan berhubungan dengan masalah keamanan” tutur Direktur Eksekutif WPC Paul Struhsaker.

“Jadi standar kami memastikan perangkat milik konsumen aman, efisien, juga bisa dipakai antar perangkat atau dengan merk lain, Qi2 akan jadi standar global untuk charger wireless ini dan memberi jaminan untuk konsumen serta ritel” pungkasnya.

Wireless charging selama ini memang memudahkan pemilik ponsel dalam mencharging HPnya, pengguna bisa mengisi ponsel tanpa harus memakai kabel. Cara kerja MagSafe sendiri dengan memakai medan magnet.

Maka cara kerja MagSafe tersebut banyak dipakai karena lebih praktis, membuat port USB lebih awet, meminimalisir resiko adanya korslet listrik, bisa mengisi lebih dari satu perangkat, dan lainnya.

Saat ini tidak semua ponsel punya fitur wireless charging, maka Qi2 bekerjasama dengan iPhone akan ciptakan perangkat terbarunya untuk membuat komponen tersebut yang nantinya akan bisa dipakai untuk semua perangkat baik Android maupun iPhone.

Baca Juga : Cara Bersihkan File Others Di HP Android Dan iPhone