M. Syahrir Umumkan UKW Tahun 2022 Angkatan Ke-53 PWI Paluta 18 Peserta 6 Tertunda

Ketua DKP Provinsi Sumatera Utara M. Syahrir mengumumkan bahwa hasil Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Tahun 2022 Angkatan ke-53 secara resmi tertunda. 

M. Syahrir Umumkan UKW Tahun 2022 Angkatan Ke-53 PWI Paluta 18 Peserta 6 Tertunda
Hasil Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Tahun 2022 Angkatan ke-53 secara resmi tertunda. Gambar : Istimewa

Paluta, BaperaNews - Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) yang diwakili Ketua Dewan Kehormatan Provinsi (DKP) Provinsi Sumut Syahrir mengumumkan bahwa hasil Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Tahun 2022 Angkatan ke-53 yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Padanglawas Utara (Paluta) melahirkan 12 (dua belas) peserta kompeten dan 6 (enam) orang tertunda.

Diketahui, kegiatan UKW yang diikuti oleh 18 peserta dan digelar selama dua hari pada Selasa (20/12) hingga Rabu (21/12) di dua tempat yakni Aula Kafe Keluarga Gunung Tua dan Aula Kantor Diskominfo Paluta, telah resmi ditutup oleh Ketua Dewan Kehormatan Provinsi (DKP) PWI Sumut, M. Syahrir, Rabu 21 Desember 2022.

Ketua Dewan Kehormatan Provinsi (DKP) PWI Sumut, M. Syahrir berpesan kepada peserta UKW yang kompeten untuk mampu mengangkat derajat dan martabat wartawan di mata masyarakat. Hal tersebut didasari dengan banyaknya pandangan negatif terhadap profesi wartawan. 

“Berbanggalah anda berstatus wartawan yang kompeten. Jadikan sebagai langkah untuk meningkatkan profesi kita yang mulia ini dan berbagilah pengetahuan yang didapat melalui uji kompetensi untuk kawan-kawan. Peserta yang belum kompeten, kami minta terus asah diri dan berjuang lagi di masa mendatang,” ujar M. Syahrir.

M. Syahrir juga berpesan kepada peserta UKW yang lolos supaya tetap berpedoman pada peraturan perundang-undangan yang berlaku agar terbebas dari pelanggaran kode etik jurnalis.

“Dengan ini, mari kita pelajari tingkatkan dan wujudkan kualitas wartawan yang profesionalisme dan beretika sesuai dengan KEJ, UU No. 40 Tahun 1999 dan jangan lupa juga PPRA,” imbuh M. Syahrir.

Ditambahkan, Ketua PWI Paluta Tohong P Harahap, mengapresiasi PWI Pusat maupun PWI Sumut atas kerja samanya telah menggelar kegiatan UKW di Paluta. Diakui, penyelenggaraan kegiatan UKW ini merupakan suatu kebanggaan untuk PWI Paluta. Pasalnya, uji kompetensi wartawan tersebut merupakan pertama kali digelar di Paluta.

“Alhamdulillah UKW berjalan sukses. Meski masih ada kekurangan, PWI Paluta bangga dan mengapresiasi peserta UKW. Dengan ini, mari tingkatkan dan wujudkan kualitas wartawan yang profesionalisme dan beretika. Mudah-mudahan dengan peserta yang mendapat hasil UKW yang kompeten ini dapat membawa Kabupaten Paluta lebih maju,” tutup P Harahap.

Penulis : Haryan