Luhut Binsar Pandjaitan Klaim Covid-19 Varian Omicron Sepanjang Libur Lebaran Sangat Terkendali

Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan mengklaim kasus covid-19 dan varian omicron masih terkendali selama libur lebaran Idul Fitri 2022 berlangsung!

Luhut Binsar Pandjaitan Klaim Covid-19 Varian Omicron Sepanjang Libur Lebaran Sangat Terkendali
Luhut Binsar Pandjaitan Klaim Covid-19 Varian Omicron Sepanjang Libur Lebaran Sangat Terkendali. Gambar: Dok. Kominfo

BaperaNews - Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan mengklaim kasus covid-19 dan varian omicron masih terkendali selama libur lebaran Idul Fitri 2022 berlangsung, sebagaimana diketahui pada tahun ini pemerintah sudah mengizinkan warganya untuk mudik, dan disimpulkan tidak ada penambahan kasus yang signifikan.

Luhut Binsar Pandjaitan membedakan dengan penambahan kasus covid-19 secara nasional, dimana selama 25 hari berturut-turut, kasus harian di Indonesia di bawah 1.000. “Kami yakin bahwa kondisi varian omicron di Indonesia si masa liburan Idul Fitri lalu hingga saat ini masih sangat terkendali” ujarnya dalam konferensi pers hari Senin 9 Mei 2022.

Ia melanjutkan, tren perbaikan kasus covid-19 di Indonesia juga terlihat pada data angka rawat inap yang secara nasional turun hingga 97%, tingkat hunian dan tempat tidur di rumah sakit dilaporkan rendah, hanya 2% yang terisi dari keseluruhan tempat tidur yang ada.

Koordinator PPKM Jawa-Bali ini juga menyatakan seluruh Kabupaten dan Kota di Jawa Bali hingga kini sudah mengalami penurunan kasus covid-19 hingga 99% dibandingkan beberapa waktu lalu ketika kasus omicron memuncak.

“Selain itu jumlah kasus kematian juga turun 98% yang disebabkan oleh omicron dan positivy rate ada di bawah 0,7%” imbuhnya.

Baca Juga: 2 Orang Tewas Ditusuk Di Seturan Sleman Yogyakarta, Begini Kronologinya!

Namun meski perbaikan kasus covid-19 terus terjadi, Luhut Binsar Pandjaitan menjamin pemerintah akan masih tetap memberlakukan PPKM di Indonesia hingga waktu yang belum diketahui atau belum ditentukan, aturan PPKM akan terus diperlonggar dan dimudahkan, namun tetap dengan mengikuti standar protokol kesehatan yang sudah ditetapkan, dengan demikian, masyarakat bisa tetap beraktivitas tanpa mengabaikan sisi kesehatan.

“Pemerintah menegaskan, hingga hari akan terus diberlakukan PPKM sampai waktu yang belum ditentukan” tutupnya.

Kasus covid-19 di Indonesia terus menurun dalam dua bulan terakhir, bahkan pada bulan ramadhan dan Idul Fitri tahun ini, masyarakat sudah bisa menjalankan sejumlah tradisi seperti mudik dengan tetap mengutamakan prokes yang sebelumnya selama dua tahun tidak bisa dijalankan.

Per hari Minggu 8 Mei 2022, kasus covid-19 di Indonesia hanya bertambah 227 kasus, Satgas covid-19 juga mencatat ada 10 orang meninggal dunia di hari yang sama, jika kasus terus menurun maka Indonesia akan siap beralih ke endemi.

Baca Juga: Hiburan Dari Polisi Buat Pemudik Di Jalur Arus Balik Jawa Barat