Lowongan CPNS Bakal Batal Dibuka Karena Mepet Pemilu, Begini Faktanya!

BKN ragu melaksanakan CPNS 2023 karena belum ada persetujuan dan informasi kebutuhan formasi dari pemerintah. Pemilu 2024 juga menjadi faktor penghambat.

Lowongan CPNS Bakal Batal Dibuka Karena Mepet Pemilu, Begini Faktanya!
Lowongan CPNS Bakal Batal Dibuka Karena Mepet Pemilu. Gambar : Antara/Dok. Adeng Bustomi

BaperaNews - BKN (Badan Kepegawaian Negara) ragu tentang pelaksanaan CASN (Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara) termasuk CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) bisa diselenggarakan di tahun 2023 ini.

Adapun yang menjadi ancaman lowongan CPNS 2023 batal dibuka, salah satunya karena mepet pelaksanaan Pemilu 2024 dan hingga saat ini pemerintah pusat maupun pemerintah daerah belum menyampaikan jumlah kebutuhan formasi di lingkup kerja mereka. Padahal saat ini sudah mencapai pertengahan tahun (Juni 2023).

“Jadi kalau formasi selesai, Juni masih ada waktu sampai Desember. Tapi kalau Agustus atau September ya gimana, kemungkinan CPNS 2023 batal atau mundur tahun depan (Loker CPNSnya). Jadi saya ini masih menunggu apakah fix CPNS batal atau tidak” tutur Kepala BKN Bima Haria pada Rabu (7/6).

Untuk kepastian formasi, Bima sangat membutuhkan informasi dari pemerintah pusat dan daerah sebagai dasar pelaksanaan CASN, untuk menentukan berapa jumlah kebutuhan anggaran, dan lainnya.

Pihak Bima menyebut sudah menagihnya, namun belum ada respon dari para instansi dan lembaga negara hingga saat ini. Jadi kemungkinan CPNS batal diselenggarakan tahun ini sangat besar. 

Baca Juga : Catat! Ini Jadwal Tes Online Rekrutmen Bersama BUMN 2023

“Kalau itu belum semua ya agak sulit, mungkin CPNS batal diselenggarakan. Belum ada prinsip, belum ada persetujuan dari Kemenkeu untuk anggarannya. Jadi Kemenkeu maunya berapa, saya ga bisa hitung karena nggak ada jumlah jelasnya, itu semua kan kompleks ya” imbuhnya.

Di sisi lain, Indonesia sedang bersiap untuk pelaksanaan Pemilu 2024 yang juga butuh banyak tenaga dan perhatian mengingat Pemilu 2024 dilaksanakan pemilihan serentak untuk memilih wakil daerah hingga Presiden. Aparat penegak hukum selama ini melarang CASN dilakukan ketika menjelang Pemilu, dengan tujuan menghindari konflik.

“Pemilu itu kan butuh ketenangan. Teman-teman di keamanan tidak ingin ada kumpulan massa, kalau ada tes pasti kan ada pengumpulan massa juga, dan itu gampang diprovokasi. Itu juga kita harus oke, jangan deh kalau seperti itu, bahaya, jadi kita harus sukseskan pesta demokrasi, belum Pemilu saja sudah panas, gimana nanti. Jadi kemungkinan besar CPNS batal dibuka karena mepet Pemilu” pungkas Bima.

Pemilu 2024 dan belum disampaikannya kebutuhan formasi oleh Pemerintah daerah maupun Pemerintah pusat menjadi alasan keraguan pelaksanaan CPNS maupun CASN di tahun 2023 ini.

Bukan tidak mungkin CPNS 2023 batal dan akan ditunda tahun 2024 setelah Pemilu dilaksanakan mengingat saat ini sudah masuk pertengahan tahun namun belum ada prinsip atau rancangan kuat dari seleksi pegawai negara tersebut.

Baca Juga : Fakta-Fakta Lowongan CPNS 2023, Ada Kisi-Kisi Tesnya!