Lewati Jalan Rusak, Jokowi Minta Pemda Lampung Segera Perbaiki Jalan!

Presiden Jokowi meminta Pemerintah Daerah Lampung untuk segera memperbaiki jalan yang rusak agar dapat memudahkan akses transportasi dan meningkatkan perekonomian di daerah tersebut.

Lewati Jalan Rusak, Jokowi Minta Pemda Lampung Segera Perbaiki Jalan!
Lewati Jalan Rusak, Jokowi Minta Pemda Lampung Segera Perbaiki Jalan. Gambar : Laily Rachev/Biro Pers Sekretariat Presiden

BaperaNewsPresiden Jokowi datang ke Lampung dalam rangka kunjungan kerja sekaligus melihat jalan-jalan di Lampung yang disebut rusak dimana-mana hingga diviralkan oleh TikTokers Bima dan warganet disana.

Presiden Jokowi menegaskan Pemda Lampung harus segera menyelesaikan masalah jalan rusak di Lampung wilayahnya, jika pemerintah daerah merasa tidak sanggup untuk melakukannya, maka masalah jalan rusak ini akan diambil alih oleh pemerintah pusat.

“Secepat-cepatnya dimulai, jika provinsi tak punya kemampuan dan kabupaten juga tak punya kemampuan, ya akan diambil alih sama Kementerian PUPR, terutama di jalan-jalan yang rusak parah” tutur Jokowi.

Jokowi Menyayangkan Banyak Jalan Rusak di Lampung

Ruas jalan rusak yang ditinjau langsung oleh Jokowi ialah Jalan Terusan Ryacudu Lampung Selatan. Jokowi minta Pemda perbaiki jalan di Lampung, ia juga menyayangkan masih ada jalan penghubung antar kota, antar kabupaten, dan antar provinsi yang sedemikian rusaknya. Padahal menurutnya, jalan berfungsi penting untuk pertumbuhan ekonomi. 

Baca Juga : Mengenal Lebih Jauh Bima Yudho, Tiktoker yang Sebut Lampung Gak Maju-maju

“Ini di pasar kami lihat ada inflasi, melihat harga tapi juga melihat infrastruktur jalannya, karena ini jadi kunci, biaya logistik itu sangat tergantung pada baik tidaknya infrastruktur yang dipunya. Kita harus tahu manfaat infrastruktur, dan saya memang mau memastikan dan melihat langsung video di media sosial itu benar atau tidak” pungkas Jokowi.

Jokowi Ingin Buktikan Kebenaran Video TikToker Bima Terkait Jalan Rusak di Lampung

Sebelumnya viral video tentang jalan-jalan di Lampung yang rusak bertahun-tahun dan proyek-proyek mangkrak Lampung yang habis miliaran rupiah namun tak kunjung muncul hasilnya diunggah oleh akun TikTok Bima @awbimaxreborn. Bima saat ini sedang menjalani studi di Australia. Menurut Bima, salah satu alasan Lampung tak kunjung maju ialah karena jalannya yang rusak parah.

Jokowi ingin membuktikan kebenaran video yang diunggah Bima dan warganet lainnya tentang kondisi jalan rusak di Lampung. Terbukti Jokowi melakukan sidak ke Lampung untuk melihat secara langsung infrastruktur di wilayah tersebut.

“Hari Rabu (3/5) mau ke Lampung, jadi Presiden Jokowi akan langsung meninjau ruas jalan nasional yang banyak dikeluhkan masyarakat, akan segera kami lihat. Nanti kalau bisa dikerjakan segera dikerjakan” ungkap Menteri PUPR Basuki Hadimuljono Selasa (2/5).

Hal senada disampaikan oleh Menteri BUMN Erick Thohir pada Jumat (5/5). “Menjawab pertanyaan dari warganet, apa kami meninjau jalan di Lampung, jawabannya pasti iya, memang itu tujuan kami kesini. Beginilah kondisi jalanan ITERA Purwotani di wilayah perbatasan Bandar Lampung” kata Erick melalui akun Twitternya.

Baca Juga : Miris! Remaja Asal Lampung Perkosa Ibu Kandung Dan Cabuli Adiknya