Lakukan Wukuf di Padang Arafah Hari Ini, Ini Pesan yang Disampaikan Fahd A Rafiq

Ketua Umum DPP Bapera, Fahd A Rafiq bersama dengan seluruh jemaah haji dari berbagai dunia melaksanakan wukuf di Padang Arafah pada hari ini, 9 Dzulhijjah 1444 H atau Selasa 27 Juni 2023.

Lakukan Wukuf di Padang Arafah Hari Ini, Ini Pesan yang Disampaikan Fahd A Rafiq
Lakukan Wukuf di Padang Arafah Hari Ini, Ini Pesan yang Disampaikan Fahd A Rafiq. Gambar : Dok. Istimewa

Bapera News - Seluruh jemaah haji dari berbagai Negara berkumpul di Padang Arafah hari ini untuk melaksanakan wukuf. Hal tersebut sesuai dengan ketentuan pemerintah Arab Saudi yang menetapkan 9 Dzulhijjah 1444 H jatuh pada hari ini, Selasa (27/6).

Jemaah haji sudah bergerak ke Arafah sejak 8 Zulhijah atau Senin 26 Juni 2023 mulai pukul 07.00 Waktu Arab Saudi (WAS). Kumandang talbiyah mengalun ketika jemaah berangkat dari hotel di Makkah hingga tiba di Arafah.

Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1444 H/2023 M tahun ini memfasilitasi 240 jemaah haji lansia dan disabilitas untuk menjalani safari wukuf.

Mereka adalah jemaah lansia atau difabel yang memiliki keterbatasan dalam pergerakan sehingga tidak bisa melakukan apa-apa atau memiliki keterbatasan kemampuan fisik berat.

Ketua Umum DPP Bapera Fahd A Arafiq menyampaikan, bahwa tahun ini Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi telah memfasilitasi 240 jemaah haji lansia dan disabilitas untuk menjalani safari wukuf, agar Jemaah lansia dan difabel tetap bisa terus menyelesaikan ibadah haji.

“Memang PPIH Arab Saudi telah memfasilitasi 240 Jemaah Haji Lansia dan Difabel asal Indonesia, karena keterbatasan dalam gerak dan kemampuan fisik berat, dengan adanya bantuan tersebut semoga para Jemaah lansia dan difabel tetap bisa dan lancar dalam menyelesaikan ibadah haji, termasuk wukuf di Padang Arafah hari ini.” Ujar Fahd A Rafiq (27/6/23).

Sebelum disafariwukufkan, jemaah lansia ini dikumpulkan di lima hotel pada empat wilayah. Di Jarwal, disiapkan hotel 904 A dengan kapasitas 80 orang. Di Misfalah, ada di hotel 1113 dengan kapasitas 40 orang.

Di wilayah Syisah, disiapkan dua hotel, yaitu: 409 dengan 40 kapasitas, dan 410 dengan 40 kapasitas. Sementara di wilayah Raudhah, ada hotel 709 dengan 40 kapasitas.

“Semoga dengan adanya bantuan dari Petugas Pelenyenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, para Jemaah lansia dan difabel asal Indonesia dapat merasakan terlindungi dan lancar, karena diketahui, semua Jemaah berbagai negara sudah mulai berkumpul di Padang Arafah,” tutup Fahd A Rafiq.

Penulis : Fachrul Nopendra