Keutamaan 10 Hari Terakhir Bulan Ramadhan, Ini Ibadah Yang Dianjurkan oleh Rasulullah SAW

Bulan puasa Ramadhan telah memasuki hari ke dua puluh tiga dimana hari ini sudah masuk dalam 10 hari terkahir bulan Ramadhan, ini dia ibadah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW dan keutamaannya!

Keutamaan 10 Hari Terakhir Bulan Ramadhan, Ini Ibadah Yang Dianjurkan oleh Rasulullah SAW
Keutamaan 10 Hari Terakhir Bulan Ramadhan. Gambar: Unsplash.com

BaperaNews - Bulan puasa Ramadhan telah memasuki hari ke dua puluh tiga, artinya hari ini sudah masuk dalam 10 hari terkahir bulan Ramadhan. Seperti diketahui, di 10 hari terakhir bulan Ramadhan banyak sekali kebaikan serta ganjaran pahala yang bisa didapatkan umat muslim.

Tak hanya itu, 10 hari terakhir bulan Ramadhan juga memiliki keistimewaan dan keutamaan yang tidak dimiliki di bulan lainnya. Hal ini disampaikan oleh Rasulullah SAW.

“Dari Aisyah RA, Rasulullah SAW sangat bersungguh-sungguh dalam beramal di 10 hari terkahir (bulan Ramadhan) dengan kesungguhan yang tidak pernah beliau lakukan di hari-hari yang lain,” (HR. Shahih Muslim).

Kesungguhan yang dilakukan oleh Rasulullah SAW diantaranya yakni sedekah, dzikir, sholat, dan membaca Al-Quran untuk menghidupi 10 malah terakhir pada bulan Ramadhan serta mencari malam Lailatul Qadar yang dipercaya apabila menghidupkan malam dengan berbagai ibadah atas dasar keimanan kepada Allah dan berharap pada-Nya, Allah SWT akan mengampuni dosa-dosa di masa lalu.

10 hari terakhir bulan Ramadhan memang banyak memiliki keutamaan. Maka dari itu, Rasulullah makin mengiatkan ibadahanya.

Berikut amalan yang dianjurkan Rasulullah SAW pada 10 malam terakhir di bulan Ramadhan:

  1. I’tikaf

I’tikaf adalah salah satu aktivitas berdiam diri di masjid untuk melakukan ibadah kepada Allah SWT. Aktivitas ibadah yang dilakukan diantaranya yakni sholat, dzikir, memohon ampun, serta berdoa.

Rasulullah SAW beri'tikaf pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan.” (HR. Muttafaq ‘alaih)

Mengutip dari kitab Majalis Syahri Ramadhan pada bab kedua puluh satu tentang keutamaan 10 hari terakhir, disarankan untuk orang yang beri'tikaf agar fokus dengan melakukan dzikir, membaca Al Qur'an, sholat, dan ibadah serta menjauhi perkara mengenai masalah duniawi.

Baca Juga: Daftar Ponsel Incaran Harga Rp 2 Jutaan Saat THR Cair

  1. Tilawah Al-Quran

Tilawah Al-Quran merupakan salah satu ibadah yang ringan dan memiliki keutamaan yang besar. Memperbanyak membaca Al-Quran menjadi salah satu ibadah di 10 hari terkahir Ramadhan. Tradisi mengejar khataman Al-Quran di akhir Ramadan juga menjadi kebahagian tersendiri bagi pribadi umat muslim.

  1. Memperbanyak Sedekah

Lalu bentuk amalan utama selanjutnya dalam 10 hari terakhir bulan Ramadhan adalah sedekah. Bersedekah di 10 hari terakhir bulan Ramadhan tidak hanya diartikan dengan sedekah wajib yang berupa zakat fitrah dan zakat mal, tetapi juga dianjutkan memperbanyak sedekah sunnah. Agar dapat berbagi kebahagiaan dan memberikan bekal hari raya Idul Fitri bagi dhuafa.

Selain itu, dengan melakukan sedekah dapat menyempurnakan ibadah puasa dan ibadah-ibadah lainnya. Karena tidaklah sempurna keimanan dan kualitas ibadah seseorang kecuali jika adanya keseimbangan antara ibadah ritual dan ibadah sosial.

  1. Memperpanjang Sholat Malam

Pada 10 malam terakhir, Rasulullah SAW tidak tidur. Beliau menghidupkan malam-malam tersebut untuk beribadah, shalat, zikir, dan lain-lain hingga waktu fajar. Kebiasaan beribadah di 10 malam terakhir ditularkan kepada seluruh anggota keluarga beliau untuk bersama-sama menikmati kesyahduan beribadah sepanjang malam. Sebagaimana penuturan Aisyah RA,

Rasulullah SAW biasa ketika memasuki 10 Ramadhan terakhir, beliau kencangkan ikat pinggang (bersungguh-sungguh dalam ibadah), menghidupkan malam-malam tersebut dengan ibadah, dan membangunkan istri-istrinya untuk beribadah.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Baca Juga: Andika Kangen Band Layangkan Somasi Terbuka Kepada Tri Suaka Dan Zidan