Kemenhub Beberkan Rencana Pembangunan Bandara VIP dan Kereta Api

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mengungkapkan rencana pembangunan bandara VIP dan kereta api di Ibu Kota Nusantara (IKN). Baca artikel ini untuk informasi selengkapnya tentang proyek pembangunan yang menarik ini.

Kemenhub Beberkan Rencana Pembangunan Bandara VIP dan Kereta Api
Kemenhub Beberkan Rencana Pembangunan Bandara VIP dan Kereta Api. Gambar : REUTERS/WILLY KURNIAWAN

BaperaNews - Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, menyampaikan pendapatnya kepada Presiden Jokowi, tentang rencana pembangunan bandara VIP dan kereta api di ibu kota.

Rencana lokasi pembangunan bandara VIP IKN tersebut akan bertepatan 10 kilometer dari posisi IKN. Menurut Budi Karya, Kemenhub akan bekerja sama dengan Kementerian PUPR, sudah melakukan pembahasan terkait pencarian kontraktor terbaik untuk proses pembangunan tersebut.

Budi Karya juga mengatakan, bahwa pentingnya kerja sama untuk menarik minat para investor untuk proses pembangunan ini. Pada minggu lalu ia juga sudah menemui investor asal Korea, Kemenhub berkata selain investor dari Jepang. Korea dan India juga sangat senang hati untuk berinvestasi di proyek pembangunan ini.

“Intinya begini, Korea, Jepang, dan India sangat minat untuk rencana pembangunan bandara VIP di IKN ini, tetapi sangat memerlukan waktu. Karena ia membutuhkan suatu penilaian tentang bagaimana bantuan ini efektif,”ungkap Kemenhub.”

Baca Juga : Pembangunan IKN Bakal Usung Konsep Future Smart Forest City

Menurut Budi Karya,  proyek pembangunan bandara VIP IKN ini bisa saja dilakukan dahulu oleh pemerintah. Setelahnya investor bisa masuk untuk proses pengembangan pembangunan tersebut.

“Pembangunan bandara ini juga bisa kita lakukan di awal investasi, setelah itu para investor masuk pada beberapa persen pembangunan,”ungkap dia.

Kemenhub Budi Karya juga mengatakan, bahwa setelah pembangunan bandara di IKN akan ada rencana pembangunan kereta api di IKN.

"Kereta api IKN ini juga ada opsi investor dari luar hadir. Mengingat bahwa nanti populasi di IKN itu cukup lumayan ya bisa sampai 2 juta," kata Kemenhub.

Karena pembangunan kereta api IKN ini akan menambahkan fasilitas yang sudah ada contohnya jalan tol, agar masyarakat mudah memilih transportasi dari bandara atau dari balikpapan ke IKN.

“Jadi dari bandara, balikpapan menuju IKN jadi mudah untuk diakses. Akan melengkapi sarana transportasi dan menghindari melonjaknya prasarana yang menumpuk,”kata dia.

Percepatan Pembangunan Bandara di IKN

Pemerintahan Republik Indonesia, resmi mengeluarkan regulasi tentang percepatan pembangunan bandara VIP di IKN. Jokowi menekankan pada Selasa (6/6), tentang Peraturan Presiden Nomor 31 Tahun 2023, mengenai Percepatan Pembangunan dan Pengoperasian Bandar Udara Very Very Important Person untuk mendukung Ibu Kota Nusantara.

Dalam Pasal 1 dituliskan bahwa, percepatan pembangunan dan pengoperasian bandara dilakukan guna pengembangan pengembangan infrastruktur penerbangan dan pendukung konektivitas IKN.

"Kebutuhan lahan, kebutuhan fasilitas dan tata letak fasilitas, serta Kawasan Keselamatan Operasi Penerbangan Bandara VVIP ditetapkan oleh Menteri Perhubungan," tertulis di Pasal 3 ayat (2).

Terkait penugasan kepada Menteri PUPR dan Menhub, hal ini terdiri atas :

  • Fasilitas keselamatan dan keamanan
  • Fasilitas sisi udara meliputi landas pacu, runway strip, Runway End Safety Area (RESA), stopway, clearway, landasan hubung (taxiway), dan landasan parkir
  • Fasilitas sisi darat, termasuk jalan di dalam kawasan
  • Jalan akses menuju Bandara VVIP

Baca Juga : 4 Fakta Penemuan Mayat di Bandara Kualanamu, Begini Isi Rekaman CCTV