Kalahkan Skotlandia 3-1, Ukraina Selangkah Lagi Lolos Piala Dunia

Timnas Ukraina berhasil kalahkan Skotlandia 3-1 pada babak Playoff, hal ini membuat Ukraina punya peluang besar untuk lolos ke Piala Dunia 2022.

Kalahkan Skotlandia 3-1, Ukraina Selangkah Lagi Lolos Piala Dunia
Kalahkan Skotlandia 3-1, Ukraina Selangkah Lagi Lolos Piala Dunia. Gambar : REUTERS

BaperaNews - Timnas Ukraina berhasil kalahkan Skotlandia 3-1 pada babak Playoff hari Kamis dini hari 2 Juni 2022, hal ini membuat Ukraina punya peluang besar untuk lolos ke Piala Dunia 2022. Gol kemenangan Ukraina dibuat oleh Andriy Yarmolenko di menit 33 dan Roman Yaremchuk di menit 49.

Laga Ukraina vs Skotlandia seharusnya dilangsungkan pada 24 Maret 2022 namun tertunda lama karena adanya invasi Rusia ke Ukraina. Meskipun bermain di Negara lawannya, Ukraina bisa tampil sangat baik dan bermotivasi ganda.

Para pemain tampil dengan penuh semangat untuk warga Ukraina yang sedang menyaksikan tim idolanya berlaga, di menit 33, Yarmolenko berhasil memecah kebuntuan dari sepakan lob untuk lewati kepala kipper Craig Gordon.

Masuk babak kedua, Ukraina membuat tuan rumah tertegun, tepatnya di menit 49, Roman Yeremchik membuat keunggulan dengan skor 2-0 atas Skotlandia. Skotlandia sempat berusaha melebarkan peluang dari usaha tendangan Callum Mc Gregir namun Ukraina kembali bisa mendapat skor tambahan menjadi 3-1 dari tendangan Artem Dovbyk di masa injury time.

Susunan Pemain Skotlandia vs Ukraina

Pemain Skotlandia : Lyndon Dykes, Che Adams, John McGinn, Andy Robertson, Callum McGregor, Billy Gilmour, Aaron Hickey, Liam Cooper, Grant Hanley, Scott McTominay, Craig Gordon.

Pemain Ukraina : Roman Yaremchuk, Viktor Tsygankov, Oleksandr Zinchenko, Ruslan Malinovskiy, Andriy Yarmolenko, Taras Stepanenko, Vitalii Mykolenko, Mykola Matvyenko, Illia Zabarnyi, Oleksandr Karavaev, Georgi Bushchan.

Ukraina selanjutnya akan melawan Wales untuk mendapatkan satu tiket ke Piala Dunia Qatar, terakhir kali Ukraina masuk ke Piala Dunia ialah pada tahun 2006.

Pertandingan antara Ukraina vs Wales menjadi pertandingan terakhir babak Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa. Siapa saja yang nantinya akan keluar sebagai pemenang, maka mereka berhak lolos ke Piala Dunia 2022 dan menjadi negara Eropa terakhir yang masuk. Sisa satu tiket ini tentu saja sangat penting karena berkaitan dengan harga diri sebuah bangsa. Diprediksi pertandingan antara Ukraina vs Wales akan berlangsung seru dan ramai, mengingat kedua belah pihak sama – sama ingin bisa lolos ke Piala Dunia 2022 menyusul negara – negara Eropa lainnya.

Mengingat Ukraina sekarang masih dalam kondisi perang, bisa sampai ke titik ini saja sudah sangat membanggakan, terlebih lagi bisa sampai lolos ke Piala Dunia 2022 nantinya.

Baca Juga : Shin Tae Yong: Timnas Indonesia Harusnya Bisa Menang Lebih Dari 3 Gol Lawan Bangladesh