Kaisar Jepang Kunjungi Indonesia, Fahd A Rafiq : Kaisar Melihat Stasiun Pompa Waduk Pluit

Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito memilih Waduk Pluit dan Depo MRT Lebak Bulus sebagai destinasi pertama kunjungannya di Indonesia.

Kaisar Jepang Kunjungi Indonesia, Fahd A Rafiq : Kaisar Melihat Stasiun Pompa Waduk Pluit
Kaisar Jepang Kunjungi Indonesia, Fahd A Rafiq : Kaisar Melihat Stasiun Pompa Waduk Pluit. Gambar : Dok.Istimewa

Bapera News - Kunjungan luar negeri pertama kali sejak menjadi Kaisar pada bulan Mei 2019, Hironomiya Naruhito melakukan kunjunganya ke Indonesia minggu (18/6). Pada hari pertama kunjungan, Hironomiya Naruhito mengunjungi waduk Pluit Jakarta dan Depo MRT Lebak Bulus.

Naruhito bicara pentingnya stasiun pompa Waduk Pluit dalam mencegah banjir yang ada di Jakarta. Hal itu, katanya, stasiun pompa waduk Pluit dapat mencegah penurunan tanah di kota Jakarta. Naruhito kata Kojiro menambahkan, sarana di pluit tersebut sudah ada sejak lama. Namun, katanya, fasilitas tersebut sempat rusak tahun 2009.

Ketua Umum DPP Bapera Fahd A Rafiq, memberi respon terkait kunjungan Kaisar Hironomiya Naruhito ke Indonesia, ini merupakan kunjungan perdana nya keluar negeri, pada hari pertama kunjungan, Naruhito mengunjungi waduk Pluit dan Depo MRT Lebak Bulus.

“Kunjungan ini sangat istimewah, karena ini merupakan kunjungan perdananya ke luar negeri, yaitu Indonesia, ini merupakan momen langka, Kaisar Jepang, Hironomiya tiba pada sabtu sore kemarin, dan pada minggu nya langsung mengunjungi waduk Pluit dan Depo MRT Lebak Bulus.” Ujar Fahd A Rafiq (19/6/2023).

Fahd A Rafiq juga merespon terkait Kaisar Naruhito bicara perihal waduk Pluit Jakarta dalam mencegah banjir yang ada di Jakarta. Naruhito menilai stasiun pompa waduk Pluit dapat mencegah penurunan tanah di kota Jakarta.

Kaisar Hironomiya Naruhito mencontohkan pada 2009, kawasan di Jakarta Utara itu pernah banjir hingga memutus jalan tol yang menghubungkan Jakarta dan Cengkareng. Saat itu, banjir disebabkan stasiun pompa yang rusak parah imbas hujan lebat.

“Stasiun pompa yang merada dekat dengan Waduk Pluit, memang memiliki peran penting terakit banjir Jakarta, masukan yang diberikan oleh Kaisar Hironomiya Naruhito harus menjadi evaluasi pemerintah untuk kedepannya, agar Jakarta bisa meminimalisir terhindar dari banjir, jangan sampai terulang lagi kejadian pada 2009, fasilitas tersebut rusak, dan dampaknya banjir yang menyebabkan memutus jalan tol Jakarta dan Cengkareng.” Ujar Fahd A Rafiq.

Dalam kunjungan ini Kaisar Hironomiya Naruhito akan berada di Indonesia selama sepekan dan kunjungan ke Waduk Pluit dan Depo MRT Lebak Bulus salah satu rangkaian kunjungan dari tanggal 18-22 Juni 2023.

Penulis : Fachrul Nopendra