KAI Beri Diskon Sampai 50 Persen untuk Lansia, Polri Hingga Wartawan

PT KAI (Kereta Api Indonesia) menurunkan hujan diskon hingga 50% kepada lansia, TNI, Polri, veteran, dosen, wartawan, dan mahasiswa.

KAI Beri Diskon Sampai 50 Persen untuk Lansia, Polri Hingga Wartawan
PT KAI Beri diskon sampai 50 persen untuk lansia, Polri hingga Wartawan. Gambar : Dok. KAI Daop 1 Jakarta

BaperaNews - Hujan diskon dari PT KAI (Kereta Api Indonesia) untuk berbagai kalangan di Indonesia hingga 50%. Diskon diberikan kepada lansia, TNI, Polri, veteran, dosen, wartawan, dan mahasiswa. PT KAI juga menawarkan tarif khusus untuk rute tertentu, dan tarif subkelas untuk pelanggan setia KAI.

VP Public Relations KAI Joni Martinus menyampaikan kabar baik ini. Menurutnya, diskon KAI ini program tarif khusus yang akan mempermudah dan memberi layanan lebih baik kepada pengguna kereta api.

“Dengan adanya program ini, minat masyarakat untuk bepergian dengan kereta api bisa makin meningkat” tuturnya pada Jumat (13/1).

Joni Martinus menjelaskan tarif KAI saat ini bersifat komersial fluktuatif, artinya bisa menyesuaikan permintaan pelanggan, untuk kereta yang sifatnya mendapat subsidi, harganya tetap. Berikut sejumlah program diskon dari KAI.

Baca Juga : Catat! Mulai 16 Januari 2023, Bayar KRL Tidak Bisa Pakai LinkAja

Program Diskon dari KAI:

1. Lansia

Pada program diskon dari KAI untuk lansia, diberikan diskon 20% untuk kelas komersial yakni ekonomi, eksekutif, dan bisnis. Pelanggan harus berumur 60 tahun atau lebih di tanggal keberangkatan.

2. Veteran RI

Sedangkan diskon KAI 50% diberlakukan untuk para veteran RI, berlaku tiap hari Selasa hingga Kamis. Hari Jumat hingga Senin diberi diskon 30%. Diskon untuk kereta kelas ekonomi, bisnis, dan eksekutif. Diskon tidak berlaku di hari libur nasional atau hari besar.

3. TNI Polri

TNI dan Polri mendapat diskon dari KAI 255 untuk kereta komersial eksekutif, untuk kelas ekonomi dan bisnis mendapat diskon 50% bagi TNI dan Polri aktif. Diskon hanya berlaku untuk TNI dan Polri, tidak termasuk untuk keluarganya.

4. Wartawan

KAI memberi diskon 20% wartawan yang naik kereta kelas ekonomi dan bisnis, dengan menunjukkan kartu pers dan surat tugas meliput.

5. Mahasiswa dan Dosen

Pihak yang terlibat di kampus diberi tarif 10% yakni untuk dosen UNS, ITB, ITS, UI, UNPAD, dan UGM. Diskon KAI ini juga berlaku untuk anggota mahasiswa alumni dari UGM, UNAIR, UNY, ITS, dan UNS.

Joni Martinus menyebut tidak menutup kemungkinan hujan diskon dari PT KAI ini akan diberikan kepada lebih banyak kalangan. Selain diskon, KAI juga memberi diskon untuk rute tertentu. Berikut rute diskon dari KAI.

Rute Diskon dari KAI:

  • Gambir – Cirebon
  • Bandung –Tasikmalaya
  • Bandung – Banjar
  • Cirebon - Purwokerto
  • Semarang Tawang atau Semarang Poncol – Tegal
  • Purwokerto – Yogyakarta, Lempuyangan, Solo Balapan
  • Madiun – Malang
  • Surabaya Gubeng – Jember

“Tiket tarif khusus bisa dibeli di aplikasi KAI Access atau di loket stasiun langsung maksimal 2 jam sebelum waktu keberangkatan atau go show” tutup Joni Martinus.

Itulah program diskon KAI dan rute yang mendapatkan diskon dari PT KAI.

Baca Juga : Mulai Hari Ini, Kereta Panoramic Berhenti Beroperasi, Kenapa?