Jelang Puasa Harga Gula Pasir Meroket, Tembus Rp 16.000/kg

Menjelang puasa Ramadhan 2023, harga gula pasir naik hingga Rp 16.000/kg. Kini Harga gula pasir jauh lebih tinggi dari harga ecer tertinggi yang ditetapkan pemerintah.

Jelang Puasa Harga Gula Pasir Meroket, Tembus Rp 16.000/kg
Harga gula pasir meroket. Gambar : JIBI/M. Ferri Setiawan

BaperaNews - Harga bahan-bahan pangan biasanya naik menjelang bulan puasa sebagaimana yang terjadi saat ini. Menjelang puasa Ramadhan 2023, harga gula pasir naik hingga menyentuh Rp 16.000/kg. Harga gula pasir ini jauh lebih tinggi dari harga ecer tertinggi yang ditetapkan pemerintah yakni Rp 13.500/kg.

Kenaikan harga gula pasir salah satunya terjadi di Pasar Ciputat, Tangerang yakni Rp 16.000/kg, naik dari harga sebelumnya Rp 15.000/kg.

“Sekarang sudah Rp 16.000/kg harganya, sudah seminggu ini. Sebelumnya Rp 15.000/kg, kalau untuk stoknya aman” tutur salah seorang penjual di Pasar Ciputat pada Senin (27/2). Sedangkan harga telur masih stabil Rp 28.000/kg dan tepung terigu Rp 11.000/kg.

Harga gula pasir di Pasar Jombang, Tangerang Selatan naik menjadi Rp 15.000/kg, kenaikan harga gula pasir ini sudah terjadi sejak dua minggu lalu. “Harga gula naiknya sudah dua minggu lalu, kalau stoknya gampang dapetnya” ucap seorang pedagang di pasar tersebut.

Menurutnya, biaya modal untuk beli gula pasir sudah Rp 13.500/kg sehingga tidak mungkin untuk menjual gula pasir sesuai HET yang ditetapkan pemerintah.

“Kalau jual Rp 13.500/kg itu ga bisa, itu kan sudah modalnya. Kecuali plastiknya dikasih pemerintah, karetnya, tenaga juga disediakan, kita tinggal jual, tapi ya ga ada untungnya” imbuhnya. Sedangkan harga terigu turun menjadi Rp 10.500/kg dari sebelumnya Rp 11.000/kg.

Baca Juga : Bulog Jamin Stok Beras Aman Saat Ramadhan dan Idul Fitri 2023

Pedagang lain di Pasar Jombang bernama Susi, mengaku menjual gula pasir kemasan harga Rp 15.000/kg, ia tidak menjual gula pasir curah. Harga telur yang Susi jual turun harga menjadi Rp 27.000/kg setelah sebelumnya Rp 28.000/kg.

Harga gula pasir, telur, dan tepung terigu hampir sama di sejumlah pasar kawasan Tangerang. Belum diketahui sebab harga gula pasir di pasar naik sejak dua minggu lalu padahal pasokan atau stoknya aman.

Biasanya menjelang bulan puasa banyak warga mencari atau membeli bahan pangan lebih banyak dibanding biasanya, sebab itu berbagai jenis bahan pokok biasanya mengalami kenaikan karena permintaan jauh lebih besar.

Namun masyarakat dihimbau untuk tidak menimbun bahan pokok apapun atau membeli dalam jumlah yang terlalu besar agar stok di pasaran tetap aman. Gula pasir, minyak goreng, dan telur ialah bahan pangan yang paling banyak dicari masyarakat untuk kebutuhan sehari-hari, stok maupun harganya selalu dipantau agar tetap aman dan terkendali.

Baca Juga : Ini Daftar Pasar yang Jadi Distribusi MinyaKita